Pasca Kekosongan Kadis, Dukcapil Terbitkan Suket


PASCA Kekosongan Kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemkot Palu karena memasuki masa pensiun, dinas itu tetap memberikan pelayanan sebagaimana biasanya. Namun, pihak Dukcapil mengeluarkan surat keterangan (Suket) guna pengurusan kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran, kematian, perkawinan, serta kartu tanda penduduk (KTP).

Kamis (21/6/2018) Sekertaris Dukcapil Palu Andi Akbar ditemui di ruanganya menjelaskan hal tersebut ditempuh agar tidak menghambat kinerja intansinya. Suket mengantisipasi pelayanan kepada masyarakat. Karena bila ada keperluan dari warga Palu yang sifatnya mendesak, seperti pengurusan kartu keluarga maupun akta, bisa dikeluarkan surat keterangan sementara dari kepala bidang terkait. Tanpa harus menunggu Kadis baru maupun pelaksana tugas (plt).

‘’Jika ada masyarakat yang mempunyai keperluan mendesak terkait penerbitan KTP, KK maupun akta walaupun tanpa paraf Kadis atau PLT bisa diberikan surat keterangan sementara, dan itu berlaku di lembaga maupun instansi dimanapun. Nanti setelah ada Kadis maupun PLT baru dokemen tersebut bisa ditanda tangani dan dikeluarkan. Kareba mereka yang berwenang melakukan pengesahan, " jelasnya.

Untuk surat keterangan bagi pemohon pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) Andi Akbar menambahkan batas akhir pemberlakuanya hingga enam bulan. Setelah itu akan diganti dengan KTP asli. Surat keterangan sementara bagi pengurusan kartu keluarga dan akta tidak dikenai batas waktu masa berlaku. Begitu pimpinan OPD maupun PLT telah Dukcapil dilantik akan langsung diterbitkan

Andi Akbar juga menambahkan semua blanko untuk pembuatan KTP, akta maupun kartu keluarga saat ini terpenuhi dan tersedia di Dukcapil. " untuk blanko, tinta, film, printer saat ini ready stock. Kecuali sistim jaringan internet yang menjadi kendala. Karena tidak diduga jaringanya bisa saja tidak bagus, " akunya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN