Pasha: 60 % Devisa Negara Dari Pariwisata

Reporter: Firmansyah

MENGUTIP Pernyataan Menteri Pariwisata RI, saat lawatanya ke tanah Kaili, Wakil Walikota, Sigit purnomo Said mengatakan bahwa 60 persen pemasukan (devisa) negara diperoleh dari sector pariwisata. Hal itu diungkapkanya saat membuka secara resmi Festival Raudhah Sis Al Jufrie ketiga yang merupakan rangkian dari Haul Guru Tua beberapa hari lalu.

Menurut Pasha, salah satu visi program pemkot yang digenjot saat ini adalah menjadikan Palu sebagai kota jasa yang bermuara kepada destinasi wisata. Namun menurutnya pula, hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu dukungan konkrit baik dari pemerintah, lembaga, instansi maupun seluruh elemen masyarakat. Agar semuanya bisa terlaksana dengan baik.

‘’Dari pernyataan Menteri Pariwisata RI saat kunjunganya  lalu, mengatakan bahwa pemasukan negara enam puluh persen bersumber dari sektor kepariwisatawan, olehnya dengan sedikit keberanian, kami menganggarkan beberapa program pembangunan untuk objek wisata yang ada di kota Palu. Beberapa item proyek tersebut telah disetujui Dekot, " jelasnya.

Pasha juga menambahkan bahwa beberapa investor yang ingin menanamkan modalnya di Palu, seperti Alfa Midi diberikan kesempatan untuk berinvestasi. Namun menurutnya harus memberikan kontribusi bagi masyarakat.  ‘’Pada awalnya pihak investor Alfa Midi ingin berinvestasi di Palu, Pemkot membutuhkan waktu yang panjang untuk merespon hal tersebut, sampai akhirnya di tahun 2017 kemarin Wali Kota menyetujuinya, namun sebagai bentuk kontribusi serta kecintaanya kepada masyarakat Palu, mereka berkenan turut membangun taman nasional di tanah Kaili ini, itu merupakan syarat dari Pemkot kepada pihak Alfa Midi,’’ akunya.

Kota Palu sendiri memiliki potensi pariwisata yang perlu dikembangkan. Karena Palu mempunyai empat dimensi alam yang jarang dimiliki kota lain. Seperti dari sektor kelautan (teluk), sungai, gunung dan bukit.  ‘’Selain itu, masyarakat Palu juga kaya akan adat, budaya, kuliner yang tidak kalah dari provinsi lain, olehnya pemkot ingin mengangkat hal tersebut sebagai brand yang mempunyai nilai untuk dipromosikan maupun memiliki nilai jual bagi wisatawan mancanegara dan domestik,’’ ucap mantan vokalis band Ungu tersebut.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN