Pembangunan Kantor Camat Tatanga Tak Ubah APBD

reporter: firmansyah

KEPALA Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palu Arfan menegaskan bahwa pengalihan lokasi pembangunan kantor Camat Tatanga, dari tempat sebelumnya ke bekas Puskesmas Duyu tidak merubah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). ‘’Artinya hal itu tidak merubah APBD, namun hanya perubahan nama saja,’’ jelasnya. Hal tersebut diungkapkanya saat dengar pendapat dengan Komisi C Dekot Selasa (26/6/2018.

Tentang pergesaran anggaran pelaksanaan perencanaan pekerjaan fisik Pemkot, terkait pembangunan kantor perumahan dan kawasan pemukiman dalam daftar pengalihan anggaran kantor Camat Tatanga, pembangunan kantor Dinas Pariwisata, pembangunan Tugu Nol, pembangunan Median di Jalan Moh Yamin, serta pembangunan kantor Inspektorat.

Menurut Arfan, tahun 2016 pembebasan tanah untuk lokasi pembangunan kantor Camat Tatanga telah rampung. Tapi, dalam perkembanganya tahun 2017, ada pembangunan Puskesmas Duyu di lokasi baru. Sehingga bekas pelayanan kesehatan untuk masyarakat tersebut tidak terpakai. Olehnya melalui rapat Pemkot yang menurut pengakuannya  tidak ikut menghadirinya, kantor Camat Tatanga dialihkan ke tempat tersebut.

‘’Waktu rapat itu saya tidak hadir, namun alasan lokasi pembangunannya dialihkan ke Puskesmas Duyu, karena Kantor Camat sekarang masih mengontrak sebuah ruko di Jalan Pue Bongo, serta biaya pertahunnya sekitar tiga puluh juta rupiah. Sehingga bisa mengefesienkan biaya,’’ jelasnya.

Selain itu, terjadinya perubahan objek nama namun tetap dalam koridor belanja yang sama. Seperti merubah item kantor Camat ke DPKAD, menurut Arfan tidak perlu adanya pembahasan lagi dengan Dekot. Hal itu merujuk kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2006 pasal 160 ayat 2. ‘’Karena hanya merubah objek nama saja, namun anggaranya tetap sama, " paparnya.

Terkait pertanyaan salah seorang anggota Komisi C yang mengatakan hal tersebut bertentangan dengan Permendagri Nomor 154, Arfan menjelaskan bahwa isi dari pasal itu, hanya menerangkan jika perubahan nama juga merubah APBD. ‘’Jadi hal tersebut tidak bertentangan, hanya yang perlu diubah adalah Perwalinya, karena saat ini lelang tender proyeknya sedang berlangsung,’’ ungkapnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN