Proyek ‘Fiktif’ Rumah Adat Versi Banggar Tetap Dikerja

Reporter/donggala : zubair

PROYEK Pembangunan rumah adat Anjungan Gonenggate di Kelurahan Kabonga Kecil, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, rupanya mulai dimulakan. Proyek dengan pagu Rp1,7 miliar itu versi badan anggaran (Banggar) DPRD Donggala adalah proyek fiktif. Alasannya tak pernah dibahas kala pembahasan RAPBD TA 2018 lalu.

Pantauan di lapangan Kamis (07/06/2018) proyek itu sudah mulai dikerjakan. Ada papan proyek dan ada pula material. Yang mengerjakan adalah CV Megario Mandiri. Penyedia jasa ini pulalah yang mengerjakan proyek sebelumnya (2017) enam unit rumah adat di anjungan itu.

Salah satu anggota Banggar DPRD, Kahar Karding mengaku tidak mengetahui adanya usulan rumah adat saat pembahasan RAPBD tahun 2018. ‘’Terlepas itu disetujui oleh siapa di dewan pada intinya itu bukan bersifat kelembagaan atau badan anggaran. Namun itu sifatnya individu anggota dewan,’’ rekanya. Ia pun menduga ada proyek siluman yang tidak melalui pembahasan, namun masuk dalam mata anggaran TA 2018.

Melihat fakta di atas, maka dapat dipastikan bahwa tata kelola, perencanaan pembangunan dan tata kelola keuangan Kabupaten Donggala wajar bila masih selalu memperoleh opini Wajar dengan pengecualian (WDP) selama dua tahun dari BPK RI perwakilan Sulteng.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN