RAWAN GUGATAN Pilkada 3 Kabupaten Dibayangi DPT Ganda

Reportase/editor : zubair/bambang sumantri

BESOK, 27 Juni 2018 adalah puncak pelaksanaan demokrasi di tiga kabupaten di Sulteng. Yaitu Kabupaten Parigi Moutong, Donggala dan Kabupaten Morowali. Tetapi, data redaksi ketiga kabupaten itu masih dibayangi polemik daftar pemilih tetap (DPT) ganda. Di Kabupaten parigi Moutong, ribuan DPT ganda hingga kini belum jelas penanganannya. Di Kabupaten Donggala disoal hampir 7 ribuan DPT Ganda. Di Morowali, ada 2.700 san DPT ganda dimusnahkan KPU.

Dilaporkan dari Donggala, Ketua Fraksi Partai Golongan Karya DPRD, Aswan M Da'ali dengan tegas menyoroti DPT ganda dengan jumlah fantastis mencapai 7000-an. ‘’Ini naif terjadi adanya daftar pemilih yang ganda dan ditetapkan oleh penyelenggara pemilu sebagai daftar pemilih tetap," ungkap Aswan kemarin.

Bukan soal dirinya atau partainya mendukung salah satu Paslon pada Pilkada Donggala, kemudian kritikan ini bernuansa politis, namun tak lain mempertanyakan kinerja Komisi Pemihan Umum Kabupaten Donggala selama ini yang dinilainya gegabah dalam menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan tidak proporsional dan sangat subjektif bahkan enggan menerima masukan dari berbagai pihak.

Ini lanjut Aswan akan berpotensi terjadinya dugaan penggelembungan dan dugaan kecurangan di Pilkada Rabu 27 Juni besok. Di sisi lain, tegas dia, dari hasil konsultasi bersama dengan Panwaslu menyatakan bahwa Panwaslu tetap konsisten terhadap jumlah atau angka sebelumnya sebesar 196 ribu lebih pemilih Donggala, dari yang ditetapkan belum lama ini sebesar 201 ribu lebih pemilih. ‘’Ini yang harus menjadi rujukan bukan sebaliknya berharap pada sikap yang keliru," tegasnya. Bagaimana bisa memberi garansi penyelenggaraan Pilkada yang bermartabat, di sisi lain penyelenggara sendiri tidak bersikap bijak dan profesional dalam kinerjanya sekaitan menetapkan daftar pemilih tetap yang menjadi kontradiktif.

Selisih yang begitu besar angkanya, ditambah lagi dugaan adanya pemilih ganda ini harus segera diselesaikan bila ke depan ini tidak akan menjadi bumerang dan menjadi persoalan gugatan Pilkada. Informasi yang diterima redaksi menyebutkan, DPRD Donggala rencananya akan memanggil KPU dan Panwaslu Kabupaten Donggala dalam rapat dengar pendapat sekaitan masalah tersebut.

DIMUSNAHKAN
KPU Kabupaten Morowali menggelar rapat koordinasi tentang tindak lanjut Data Pemilih Tetap (DPT) ganda pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali tahun 2018. Rakor berlangsung di ruang rapat kantor KPUD Morowali kompleks Kota Terpadu Mandiri (KTM) Desa Bahomohoni Kecamatan Bungku Tengah (25/6/2018).

Dipimpin langsung Ketua KPUD, Wahyudin Abdul Wahid, peserta yang diudang adalah LO pasangan calon, dan Ketua Panwaslih Morowali, Ruslan, SH. Hasil sinkronisasi data ganda dan hasil virtualusasi ganda DPT, yang mana form C6 (Data ganda dan data TMS lainnya) yang dimusnahkan pada hari itu adalah sebanyak 2.722.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar, tepat di halaman depan kantor KPUD, yang juga dijaga oleh aparat kepolisian serta anggota TNI, disaksikan LO paslon, Ketua Panwaslih dan komisioner KPUD Morowali.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN