RSUD Luwuk Bantah Prioritaskan Warga Mampu



Reporter/luwuk : imam muslik

DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk dr. NHD Gunawan Kasim, menandaskan pihaknya kini sedang mempersiapkan perubahan dari type C menjadi type B. Hal itu sesuai dengan penilaian team visitasi, belum lama ini (27/05/2018) ke Kaili Post.

‘’Pokoknya 2018 ini kami bersama team RSUD berupaya semaksimal mungkin bagaimana caranya untuk bisa memenuhi persyaratan mendapatkam WTP tahun 2019 mendatang,’’ ujar Gunawan. Ia optimis akhir 2018 dapat segera berubah. Karena hasil penilaian baru tidak banyak yang ditemukan, dan hanya satu saja yaitu kerjasama dengan Unhas yang type rumah sakitnya type A untuk dapat memberikan tenaganya minimal dua orang.

Untuk persyaratan lainnya, katanya semuanya sudah lengkap dan dapat segera menjadi pertimbangan team visitasi untuk segera memberikan rekomendasi perubahan RSUD Luwuk. ‘’Jadi jangkauanya tidak terlalu susah tetapi memerlukan biaya yang banyak. Serta perlu juga penambahan ruangan dan tenaga – tenaga ahli agar bisa cepat terealisi. Jadi yang bisa dilaksanakan segera, yang tidak memerlukan biaya banyak itu di prioritaskan. Diharapkan inovasi yang ada ini menjadi contoh tempat yang lain dengan biaya rendah dan inovasi langsung ke masyarakat.’’ Terangnya.

Isu RSUD Luwuk hanya melayani orang kaya yang sakit saja, tidaklah benar. Bahkan RSUD Luwuk menerima seluruh masyarakat miskin atau pun kaya. Justru yang diutamakan masyarakat yang miskin. Memang, akunya ada beberapa kendala yang biasanya adalah keterlambatan mendapatkan surat keterangan tidak mampu, atau memang pasien tak mampu tidak mau mengurus.  ‘’Satu saja persyaratan kalau ada surat tidak mampu langsung segera dilayani. Apalagi tahun ini kita sudah UHC (universal hight coverage). Artinya seluruh masyarakat Banggai bisa terlayani dengan membawa kartu tanda penduduk sudah dapat dilayani dengan baik.’’ Terangnya lagi.

Dirinya menghimbau para dokter serta staf di RSUD untuk bekerja sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat serta dengan SOP yang berlaku di RSUD. ‘’Utamakan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat, sehingga apa yang di harapkan pemkab Banggai bisa berjalan dengan baik,’’ ujar Gunawan.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN