Satgas Nusantara Ajak Warga Cegah Berita Hoax

Foto: Kegiatan FGD Cegah berita Hoax (Foto: Ishaq)
Reporter/poso : ishak hakim

CEGAH Berita Hoax di masyarakat, Satgas Nusantara 2018 Binmas Polres Poso baru-baru ini menggelar Focus Group Discussion (FGD), belum lama ini. Sejumlah peserta FGD diundangn yakni, Kementrian Agama, pihak Kesbangpol, pendeta, tokoh pemuda, ustad, tokoh perempuan, tokoh adat, remaja dan wartawan tampak hadir.

Selain itu Kasat Binmas Polres Poso, IPTU Masloman dan Kabag Sumda Polres Poso, Kompol Feky Waloni juga hadir dalam kegiatan ini. FGD bertempat di gedung PGRI Poso, Kelurahan Gebang Rejo dengan mengambil tema "Peran Masyarakat Dalam Menciptakan Kamtibmas di Wilayah Poso".

Kompol Feky Waloni mengatakan, jika tujuan dari kegiatan ini untuk mencegah beredarnya berita bohong atau Hoax di masyarakat. Sehingga berita Hoax di medsos maupun dari mulut ke mulut bisa terlebih dahulu dicari kebenaranya oleh masyarakat. "Adanya berita hoax ini sangat berbahaya untuk masyarakat, masyarakat bisa takut, bisa resah sehingga menimbulkan ancaman bagi masyarakat," ucap Kabag Sumda Feky Waloni.

Feky Waloni menyampaikan, berita Hoax juga bisa menimbulkan ujaran kebencian dan dapat memprofokasi masyarakat, peran dari tokoh lintas agama, pemuda, wartawan sangat dibutuhkan untuk mencegah berita hoax di masyarakat.

"Terjadi rusuh, keributan itu kebanyakan terjadi karena adanya ujaran kebencian yang tidak mengecek informasi betul atau bohong. Maka dari itu dilingkungan masyarakat, lingkungan keluarga sama-sama mengantisipasi adanya ujara kebencian," ujarnya.

Menurut Feky Waloni, dengan adanya FGD ini bahwa pimpinan polri berharap, dari berbagai pihak dapat mencegah adanya berita bohong yang sangat membahayakan masyarakat. Feky juga meminta selain mencegah berita Hoax, semua pihak bisa membantu aparat mencegah beredarnya narkoba di masyarakat.

Sementara itu, Kasat Binmas, IPTU Masloman menyampaikan, pihak kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran dari berbagai pihak. Maka dari itu dalam FGD ini sangat penting bersama-sama untuk menjaga situasi Poso yang semakin membaik," kata Masloman.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN