Tanpa Kadis, Pelayanan Dukcapil Kota Mandek

Reporter/donggala : zubair

PASKA Di tinggal pensiun Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Donggala beberapa pekan lalu, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu mandek. Warga yang ingin memgurus surat akta lahir kecewa karena tidak dapat diproses karena alasan belum ada pejabat pelaksana tugas kadis yang ditunjuk. Ungkap Mansyur warga Kota Palu Senin kemarin.

Kata Mansyur Wali Kota harus merespon segera pergantian pejabat di instansi tersebut agar tidak menghambat pelayanan. Dia mengekuhkan mandeknya pelayanan di kantor tersebut yang justru berdanpak pada lambannya proses pengurusan identitas warga. Hal serupa dirasakan sejumlah warga yang ingin mengurus kartu keluarga dan E-KTP. Puluhan warga pun harus mengantre didepan ruang pelayanan kantor tersebut Senin kemarin.

Menurut salah seorang staf di kantor tersebut, khusus pelayanan akta kelahiran untuk saat ini belum dapat diproses karena Wali Kota belum menunjuk pengganti kepala dinas yang belum lama ini telah memasuki masa pensiun.

Sebelumnya (21/6/2018) Sekertaris Dukcapil Palu Andi Akbar ditemui di ruanganya menjelaskan hal tersebut ditempuh agar tidak menghambat kinerja intansinya. Suket mengantisipasi pelayanan kepada masyarakat. Karena bila ada keperluan dari warga Palu yang sifatnya mendesak, seperti pengurusan kartu keluarga maupun akta, bisa dikeluarkan surat keterangan sementara dari kepala bidang terkait. Tanpa harus menunggu Kadis baru maupun pelaksana tugas (plt).  ‘’Jika ada masyarakat yang mempunyai keperluan mendesak terkait penerbitan KTP, KK maupun akta walaupun tanpa paraf Kadis atau PLT bisa diberikan surat keterangan sementara, dan itu berlaku di lembaga maupun instansi dimanapun. Nanti setelah ada Kadis maupun PLT baru dokemen tersebut bisa ditanda tangani dan dikeluarkan. Kareba mereka yang berwenang melakukan pengesahan, " jelasnya.**




Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN