UNGGUL SEMENTARA, SAKAYA,TAHAJUD & SABAR


Disarikan/reporter : tim/bambang/ikhsan madjido/zubair

PILKADA di Tiga Kabupaten Sulawesi Tengah berjalan aman, damai dan lancar. Laporan dari sejumlah jurnalis di tiga lokasi itu menyebut tak ada satu pun kasus yang menonjol. Dari data hitung cepat (quict qount) secara umum untuk sementara diunggulkan adalah; di Kabupaten Donggala Paslon SAKAYA (Kasman – Yasin) petahana, di Kabupaten Morowali memimpin sementara suara hitung cepat adalah pasangan TAHAJUD (Taslim – Nadjamudin) dan di Kabupaten Parigi Moutong adalah Paslon petahana SABAR, petahana.

Dilaporkan dari Banawa Selatan atau Bansel, basis suara Kasman Lassa pada pilkada 2014 sebelumnya, pada pilkada 2018 ini, kecamatan Banawa Selatan tetap solid dalam mendukung petahana. Dari data hasil rekapitulasi sementara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pasangan Kasman Lassa-Moh Yasin unggul perolehan suara sebesar 35,10% (4.654) dari total 13.260 pemilih Banawa Selatan yang menyalurkan hak pilihnya.

Diurutan kedua pasangan Vegata 23,75% (3.162), disusul Arrahman 21,33% (2.828) dan Iyamo 19,73% (2.616). Jumlah pemilih di Bansel 17.248 orang, yang mencoblos 13.260 orang. Yang tidak memilih 3.988 orang.
Disarikan/reporter : tim/bambang/ikhsan madjido/zubair
Sedangkan dilaporkan dari Morowali, hasil penghitungan cepat dari beberapa tim menunjukkan hasil berbeda, namun pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 tetap berada pada posisi puncak dengan perolehan 31% suara. Disusul Paslon nomor urut tiga dengan 27% suara, dan paslon nomor urut dua dengan perolehan suara sebesar 25% suara, dan sisanya terbagi untuk paslon nomor urut 5 dan 4.

Sementara, hasil quick count dari tim TAHAJUD adalah, 37% untuk nomor urut satu, disusul paslon nomor urut 3 dengan perolehan suara sebesar 27%, paslon nomor urut dua dengan 23% suara, Paslon nomor urut 5 dengan 7%, dan paslon nomor urut 4 sebesar 4% suara.

Ketua tim pemenangan pasangan Taslim - Najamudin (TAHAJUD), Kuswandi mengatakan bahwa hasil perhitungan tersebut diperoleh dari 212 TPS dari jumlah total 252 TPS. "Hasil ini sudah dipastikan bahwa kemenangan berada pada pasangan kami, karena kami hanya tinggal menunggu hasil dari 40 TPS lagi," ungkapnya.

Pasangan TAHAJUD sendiri diusung Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Hanura, PKS, sedangkan dua partai pendukung adalah Partai Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan.

Dari Donggala wilayah Barat dilaporkan juga bahwa di sejumlah kecamatan perolehan suara sementara hingga kemarin (27/08/2018) menunjukan Paslon nomor urut 3 VEGATA unggul sementara di Kecamatan Sirenja. Di Desa Toaya Vegata unggul di 7 TPS. Sedangkan Paslon Sakaya unggul di satu TPS. Desa Alindau unggul sementara 70% dengan perolehan 270 suara di semua TPS. Hal serupa juga terjadi di TPS Desa Oti meimpin sementara VEGATA.

Kecamatan Sirenja secara keseluruhan Vegata menguasai sementara berkisar 75% suara. Sedangkan Arahman unggul di Ogoamas dan Balukang dimenangkan VEGATA.  Untuk Desa Lompio 2 TPS SAKAYA unggul, selisih enam suara dengan VEGATA, perolehan suaranya Sakaya 111 suara dan Vegata 105 suara Arahman 44 suara dan papa idham 25 suara. Di Banawa unggul Iyamo disusul oleh Arahman dan Vegata serta Sakaya.

VERA DI BATUSUYA

Vera Elena Laruni memilih menyoblos di desa kelahirannya Batusuya Kecamatan Sindue Tobata.  Vera dan pendukung partai politik mendirikan tenda sembari menunggu hasil perhitungan sementara di sejumlah TPS di Kecamatan Sindue Tobata.

Sejumlah petinggi partai hadir memantau pelaksanaan Pilkada di Sindue Tobata, di antaranya Bupati Sigi Iwan Lapatta, Erman Lakuana Ketua DPD Golkar Palu, Arus Abdul Karim Ketua DPD Golkar Sulteng, menemani Paslon Vera Elena Laruni. Sementara Taufik Burhan, memilih di TPS Desa Lero Kecamatan Sindue.
Paslon Nomor Urut 3 ini diprediksi akan unggul di sejumlah kecamatan di wilayah Donggala mendapat banyak serangan beruntun terhadap blakc campaine, salah satunya selebaran yang berisi jangan pilih kandidat kafir. Selebaran yang dihamburkan jelang tengah malam ditemukan di Wilayah Sojol, diungkapkan Santana relawan salah satu Paslon dihubungi kaili post Rabu dinihari kemarin. Kata dia meski selebaran tersebut beredar di masyarakat, warga di wilayah ini tetap konsisten memberi dukungan ke Vegata.

PARIGI MOUTONG

Dari Parigi pun demikian. Hasil hitung cepat kemarin, Paslon SABAR masih mengungguli dua pesaingnya yaitu ERA BARU dengan Paslon AMIN. Perkembangan terus dipantau karena laju suara hitung cepat SABAR belum pada posisi aman. Karena sejumlah timses masing-masing masih mengklaim bahwa Paslonnya yang unggul.

Dilaporkan semalam, di sebuah desa Kecamatan Tinombo ada protes, karena PPS membuka kotak suara yang sudah tersegel. Hingga berita ini diturunkan informasi belum memperoleh klarifikasi yang lebih jelas dan detail.

VERSI ARRAHMAN

Paslon Kabupaten Donggala Anita-Abdul Rahman (ARRAHMAN) untuk sementara unggul atas tiga pasangannya lainnya dalam pemilu kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Donggala 2018.  Hal itu berdasarkan data quick count yang dirilis tim media dan data center Ar-Rahman pukul 21.00 Wita.

Quick count yang berbasis database per TPS itu Arrahman meraih 34,27 persen beda tipis dari Sakaya yang memperoleh suara 32,85 persen, sedangkan Vegata dan Iyamo masing-masing 26,64 persen dan 6,25 persen. Data yang masuk baru sekitar 40,53 persen.  Hasil quick count ini diambil dari data dimasing-masing TPS terhitung mulai jam 14.00-20.00.

Adapun keterlambatan akses data dipengaruhi oleh kondisi geografis, cuaca hujan dan sarana komunikasi (blank spot). Meskipun unggul, tim arrahman belum mengklaim bahwa mereka sudah menang. “Mohon tetap tenang, menunggu hasil rampung,” ujar tim media center.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN