Warga Pusungi Gelar Halal Bilhal

reporter/ampana: budi prihartono dako

1 SYAWAL 1439 H yang bertepatan dengan 15 Juni 2018 lalu, seluruh umat  Islam merayakan hari kemenangan yang dikenal dengan Idul Fitri sebagai bentuk rasa syukur karena mampu menyelesaikan salah satu kewajibannya, yaitu berpuasa Ramadhan selama sebulan penuh. 

‘’Sudah menjadi tradisi setiap hari raya Idul Fitri di Kabupaten Tojo Unauna (Touna) masyarakat saling kunjung mengunjungi dengan berziarah  secara berkelompok untuk saling maaf-memaafkan dari rumah warga sekitarnya," kata Kades Pusungi, Sagaf Lapairi kepada Kaili Post, Rabu (20/6/2018).

Idul fitri tahun ini, terlihat sangat berbeda dari gelaran acara tersebut, yaitu halal bilhalal dilaksanakan dengan konsep sederhana doa bersama dilapangan sepak bola oleh masyarakat desa Pusungi, Kecamatan Ampana Tete.

Sagaf Lapairi selaku pelaksana kegiatan halal bilgalal itu menyampaikan, gelaran ini dilaksanakan untuk lebih memudahkan warganya dalam menyambung silahturahim antar sesama umat muslim di wilayahnya.

Dikatakan, sebelumnya tradisi Idul Fitri di desa Pusungi itu dilakukan dengan ziarah secara berkelompok dari rumah-kerumah, guna untuk saling maaf memaafkan antar sesama. Diketahui, halal bilhalal dan doa bersama itu dilakukan pemerintah desa untuk lebih simpel dan menambah kekompakan serta keakraban warga.

Selain itu, warga juga tidak membutuhkan biaya terlalu besar dan bisa kenikmati semua hidangan idul fitri yang disediakan," tambah Sagaf. ‘’Mari kita tingkatkan kebersamaan, dan kekeluargaan kita, serta mari kita perduli dengan sesama," imbaunya. Puncak acara halal bilhalal ini, ditandai c dengan doa dan makan bersama serta dengan saling berjabatan tangan.antar sesama warga setempat.

Turut serta hadir dalam acara halal bilhalal itu, seluruh pemerintah desa pusungi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, imam Masjid , takmir Masjid dan seluruh jemaah serta warga setempat.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN