26 Sekolah di Parmout Dapat GSMS


Sumber: Humas Parmout

SEBANYAK 26 SD dan SMP di Kabupaten Parigi Moutong memperoleh program GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah). Nantinya, ada 26 sekolah yang tersebar di 23 kecamatan di Parmout akan didatangi para seniman yang telah diseleksi sebelumnya. Mereka akan mengajar dan diberikan honor sebanyak Rp3 juta perbulan. 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parmout, F Eni Susilowati via WhatsApp pribadinya, Sabtu (28/7/2018).

Eni menjelaskan, GSMS adalah program Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Di program ini para seniman akan memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstra kurikuler di sekolah. Khusus di Parmout sekolah yang menjadi sasaran program ini adalah SD dan SMP.

‘’Alhamdulillah Parigi Moutong mendapatkan program gerakan seniman masuk sekolah dengan honor seniman mengajar di sekolah sebesar tiga juta rupiah perbulan. Parigi Moutong mendapatkan 26 SD dan SMP,  dan akan ditempatkan di 23 kecamatan Se-Parigi Moutong," ujarnya.

Program ini bertujuan agar para siswa dapat menyerap secara langsung pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki para seniman. ‘’Dengan program ini para siswa diharapkan ada transfer pengetahauan, utamanya yang terkait dengan kesenian, misalnya seni pertunjukan, sehingga mereka mampu berbuat dari hasil yang sudah mereka pelajari," kata Eni. 

Hal terpenting yang akan diperoleh siswa selama menjalani program GSMS, kata Eni adalah meningkatkan kemampuan para siswa menyerap hal-hal paling mendasar dari kesenian misalanya soal kreativitas. 

‘’Artinya kesenian dijadikan wahana belajar agar siswa  dapat menjalankan proses kreatif yang diberikan oleh para seniman terhadap seni yang hidup di wilayah masing-masing guna membangkitkan kecintaan yang lebih dalam terhadap kesenian sehingga dapat memperkuat karakter para peserta didik,"paparnya **

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN