Beredar SMS Catut Kadis Dikbud


reporter: ikhsan madjido

SMS Penipuan berkedok rakernas tenaga pendidik taman bacaan masyarakat (TBM) catut nama Irwan Lahace, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tengah kembali terjadi. Oknum kejahatan tersebut mengirimkan SMS langsung kepada salah satu penggiat TBM Komunitas Poso Babaca untuk dapat mengikuti rakernas di Jakarta mendampingi kadis dikbud.

“Hal ini adalah penipuan. Jangan dipercaya,” kata Irwan Lahace saat dikonfirmasi SMS tersebut, Selasa (10/7/2018). Irwan pun menghimbau untuk tidak menanggapi karena pengirim akan mengarahkan untuk ke ATM untuk mentransfer dana ke rekening ke pelaku.

Gunawan Primasatya, pendiri Komunitas Poso Babaca ini menerima Short Message Service (SMS) dari salah satu nomor yang ia tidak kenal. SMS yang mencatut nama kadis dikbud mengundang Gunawan untuk mengikuti Rakernas Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), yang bakal dilaksanakan di Hotel Ibis Jakarta selama dua hari, 18 dan 19 Juli.

Saat menerima pesan singkat itu, Gunawan langsung yakin karena dalam pesan, tertera dengan jelas nama lengkapnya, berikut titel dan jenis kegiatan serta penyelenggaraan kegiatan yang dimaksud. Selain itu, pada bagian SMS juga tertulis bahwa seluruh akomodasi ditanggung penyelenggara sebesar Rp5 juta setiap peserta. Dalam SMS itu juga, meminta Gunawan yang telah terpilih sebagai peserta Rakernas untuk menghubungi Prof Edy Setyawan selaku panitia.

Namun, saat meghubunginya Gunawan mulai ragu karena diminta untuk melakukan registrasi via ATM. “Saya mulai mencari nomor HP pak kadis yang sebetulnya. Karena saya mulai ragu dengan SMS ini,” ujarnya via pesan messenger ke Kaili Post. “Soalnya kami dari daerah langsung merespon yang beginian. Tapi tetap saya cari kebenarannya dulu,” tambahnya.

Komunitas Poso Babaca adalah komunitas literasi yang fokus terhadap pembangunan budaya literasi di Kabupaten Poso, berdiri sejak tahun 2014 dan fokusnya mendekatkan akses baca tulis kepada masyarakat di wilayah terpinggir dari akses literasi di Poso.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN