CURAH HUJAN TINGGI Kasus DBD Di Poso Meningkat

Foto :dr.Taufan Karwur

KASUS Demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Poso sejak awal hingga akhir Juni 2018 mengalami peningkatan yang signifikan, menyusul curah hujan tinggi yang melanda daerah tersebut beberapa pekan terakhir. Cuaca yang sering berganti hujan dan panas mengakibatkan nyamuk demam berdarah aides aegypti cepat berkembang biak, terutama pada lokasi air yang tergenang.

Kepala Dinas Kesehatan Poso, dr Taufan Karwur MKes mengakui terjadinya peningkatan kasus DBD di daerahnya. Itu bisa dilihat jumlah kasus yang ada termasuk yang saat ini sedang dirawat di RSUD Poso saat ini. Dari laporan yang diterima Dinkes, tercatat ada 19 pasien penderita DBD yang tengah dalam perawatan rumah sakit.

”Untuk periode yang sama, kasus kali ini meningkat tajam dari pada yang terjadi tahun lalu,” jelasnya. Kasus DBD terjadi merata di tiga wilayah kecamatan. Yakni Poso Kota, Poso Kota Utara, Poso Kota Selatan, Poso Pesisir, Poso Pesisir Selatan, dan kecamatan Lage. “Dari 19 pasien yang di rawat di RSUD Poso, empat pasien dari Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan, dua pasien dari Lage, dan 13 pasien dari wilayah Poso Kota Bersaudara,” terangnya.

Untuk Poso Kota Bersaudara, kasusnya berada di keluarahan Kawua dan Lembomawo (Poso Kota Selatan), Lawanga dan Bonesompe (Poso Kota Utara),  Gebangrejo dan Kayamanya (Poso Kota).

Meski kasusnya diakui meningkat menurut Taufan, namun  tidak ada korban meninggal dalam kasus tersebut. “Terjadi peningkatan kasus dibanding waktu yang sama pada tahun sebelumnya. Namun hingga kini belum masuk dalam kategori KLB (kejadian luar biasa),” tandas mantan direktur RSUD Poso ini.

Untuk mekenan kasus DBD di Poso, pihaknya akan segera melakukan tindakan pencegahan dan penindakan berupa fogging (pengasapan) di daerah-daerah rawan sarang nyamuk DBD yang selama ini menjadi endemis DBD. Pengasapan awal akan di fokuskan pada desa/keluarahan yang sudah terdapat kasus/korban DBDnya. “Fogging akan diprioritaskan di sekitar permukiman warga dan sekolah yang rawan DBD dan sudah ditemukan adanya kasus DBD,” ungkapnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN