Delegasi BAP DPD RI Kunjungi Sulteng


 Sumber: Humas Pemprov

SEBANYAK Sembilan orang delegasi badan akuntabilitas publik (BAP) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melakukan kunjungan kerja ke Sulteng, yang secara langsung diterima Gubernur Longki Djanggola di Gedung Polibu Kantor Gubernur pekan silam (13/07/2018).

Kesembilan delegasi dimaksud yakni, Daryati Uteng, senator asal Jambi, Ibrahim Agustinus Medah, senator asal NTT, Mamberob Yosephus Rumakiek, senator asal Papua Barat, Iskandar Muda Baharuddin Lopa, senator dari Sulawesi Barat, Abdurrahman Abubakar Bahmid, senator asal Gorontalo, Oka Ratmadi, senator asal Bali, Marhany Pua, senator asal Sulawesi Utara, Andi Muhammad Ihsan, senator asal Sulawesi Selatan dan sebagai pimpinan delegasi sekaligus tuan rumah Shaleh Muhammad Aldjufri.

DPD juga memiliki alat kelengkapan lain yang disebut badan akuntabilitas publik (BAP) yang tim kerjanya hadir pada hari ini. BAP DPD melakukan pengawasan yang bersifat kasuistis. Artinya dua sumber masukan kepada BAP, yang pertama masukan dari hasil pemeriksaan BPK RI, yang mana dalam UUD 1945 Pasal 23E disebutkan bahwa hasil pemeriksaan BPK RI ditindaklanjuti oleh lembaga perwakilan.

Dan yang kedua, di samping selain memiliki tugas untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK, BAP DPD RI juga bertugas menampung dan menerima keluhan pengaduan masyarakat, terutama terkait dugaan tindak pidana korupsi dan maladministrasi dalam pelayanan publik. terkait dengan ini, DPD juga ikut melakukan pengawasan dengan semua instansi.

Ketua tim delegasi, Habib Shaleh mengakui pertemuan yang dilaksanakan tidak sekedar hanya melaksanakan fungsi pengawasan atau to control, tapi juga to support dalam arti menampung apa aspirasi dan permasalahan yang dihadapi oleh daerah. 

Sementara itu Gubernur Longki berharap kiranya kabupaten yang mendapatkan catatan dan temuan dari Tim BPKP perwakilan Sulteng agar segera menindaklanjuti temuan dimaksud. Diharapkan nantinya temuan dari Tim BPKP yang telah dilaporkan ke Tim BAP DPD RI selanjutnya mendapatkan solusi sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku.

Pada intinya, masing-masing kabupaten yang telah mendapatkan catatan dari BPKP Perwakilan Sulteng telah menindaklanjuti temuan dimaksud, selanjutnya memberikan laporannya kepada Tim BAP DPD RI untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. Hadir Kepala Perwakilan BPKP Sulteng, Asisten Administrasi Umum dan Organisasi, Asisten Adm. Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Kepala Biro Humas dan Protokol, Pemerintah Kabupaten Poso, Kabupaten Sigi, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Morowali, dan Kabupaten Morowali Utara, serta pejabat terkait lainnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN