Empat Siswa SDN Poboya Juara II Tingkat Nasional


reporter: yohanes clemens


EMPAT  Siswa-siswi asal SD Negeri Poboya berhasil meraih juara II tingkat Nasional pada ajang Dokter Kecil Mahir Gizi 2018 yang digelar Nestle Dancow bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Pelaksanaan lomba Dokter Kecil Mahir Gizi 2018 di Jakarta lumayan menantang. Hal itu disebabkan, ketika tiba di Jakarta, siswa SDN Poboya langsung diuji kelayakan oleh panitia lomba dengan menampilkan seni dan pidato di tahap awal. Dari tahap awal itu SDN Poboya meraih nilai terbaik satu, kata Dadang selaku Kepala Sekolah (Kepsek).

“Dan pada tahap kedua kami dari SDN Poboya melakukan presentasi tentang project saraba style, membuat minuman saraba dan game saraba,” jelas Dadang. Ia menambahkan, keempat siswanya lebih cenderung menampilkan Game Saraba, karena di hotel dilarang membuat minuman saraba yang berhubungan dengan bahan bakar kompor (api). 


“Ketika siswa kami menampilkan presentasi, Game Saraba dapat menarik perhatian dewan juri, karena baru kali ini ada permainan seperti itu. Awalnya dewan juri melihat permainan yang ditampilkan seperti monopoli, tetapi ketika waktu berjalan, game yang ditampilkan ternyata berbeda. Akhirnya, ketika siswa kami tampil dengan percaya diri dan dapat menarik perhatian para juri, kami mendapatkan nilai terbaik saat presentasi,” terangnya
Sedangkan, pada penilaian ketiga, selama empat bulan aktif membuat project, dengan hitungan 60 persen pembuatan project selama empat bulan, 40 persen diambil dari kegiatan yang digelar di Jakarta. Dan untuk para juri berasal dari Kemendikbud RI, Kedokteran dan Nestle Dancow.  "Olehnya pada saat diiumumkan, kami bersyukur SDN Poboya Palu mendapatkan Juara ke-2 dari 10 sekolah yang mewakili masing-masing region di Indonesia,” cetusnya

SDN Poboya bersaing dengan sekolah unggulan yang ada di Indonesia, mungkin hanya SDN Poboya Palu yang berasal dari sekolah pelosok. Alhamdulillah siswa kami dapat menampilkan yang terbaik di tingkat nasional. Kami masih diberikan doorpraize karena hadiahnya belum diumumkan. Tetapi yang pasti akan ada hadiah dalam bentuk dana untuk siswa kami.

Dengan raihan tersebut, saya berharap SDN Poboya dapat perhatian khusus dari pemerintah, karena seperti dikatakanya belum lama ini, khususnya soal toilet yang hanya satu di sekolah yang dipimpinnya, namun siswanya begitu banyak. Dia berharap, pemerintah bisa memberikan reward (penghargaan), karena saat ini SDN Poboya telah berjuang membawa nama baik Kota Palu, khususnya Sulteng," harapnya.

Sedangkan terkait dengan raihan juara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ansyar Sutiadi memberikan apresiasi kepada SDN Poboya Palu karena dapat meraih Juara 2 tingkat nasional.  “Semoga prestasi yang diraih ini dapat dipertahankan, sukses selalu Peserta Didik SDN Poboya,” tutupnya.** 
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN