HARI INI KPU DISERBU PARPOL


reporter: bambang sumantri/imam muslik/zubair/firmansyah

HARI INI, 17 Juli 2018 dipastikan KPU se Provinsi Sulawesi Tengah akan diserbu partai politik (Parpol) yang mendaftarkan bakal calon legislatifnya. Mengingat, hari hingga 24.00 Wita tengah malam adalah batas pendaftaran sesuai dengan PKPU No 6/2018. Berikut laporan wartawan kaili post dari sejumlah kabupaten/kota se Sulawesi Tengah.

Dilaporkan dari Kabupaten Donggala, sehari (16/07/2018) jelang penutupan pendaftaran Bacaleg di KPU kabupaten tertua itu masih sepi. Diprediksi hari ini akan membludak dan memenuhi kantor KPU. Tercatat baru ada satu parpol yang mendaftarkan. Informasi yang diterima bahwa PKPI dan Hanura akan mendaftar kemarin. Sedangkan 13 parpol lainnya rencana baru akan mendaftarkan Bacalegnya hari ini.

Ketua PPP Kabupaten Donggala, Isnudin mengaku partainya akan mendaftar hari ini. Demikian halnya partai Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat, Berkarya, PBB, PSI, PAN, PKS, PDI- P, dan Garuda dipastikan mendaftar hari ini pula.

BANGGAI
Parpol yang sudah mendaftar hanya Partai Perindo. Demikian Sekretaris KPU Banggai, Sukma kemarin. Ia pun memperkirakan pukul 14.00 Wita sesuai laporan menyusul mendaftar Partai Nasdem. Proses pendaftaran ini diperkirakan membludak hari ini hingga pukul 00.00 Wita. Olehn petugas KPU Banggai bekerja lembur sampai pagi hari ini.

PASLON IKUT NYALEG
Di Kabupaten Morowali dilaporkan, kemarin (16/7/2018) kedatangan tiga Parpol untuk mendaftarkan Bacalegnya. Ketiganya yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) datang pertama dengan iring-irungan kendaraan roda empat maupun roda dua, dan sejumlah bacalegnya. Mantan Kepala Desa Sakita Kecamatan Bungku Tengah, Almin Ilyas yang akan turun di Dapil I turut hadir beserta mantan tim pemenangan Syarifudin Hafid-Chaerudin N Zen (SAH) pada Pilkada Morowali baru-baru ini, Irsad Amir yang berencana maju di Dapil II.

Sementara, Partai Bulan Bintang (PBB) selanjutnya datang mendaftar didampingi langsung Ketua DPC PBB Kabupaten Morowali, Aminuddin Awaludin yang saat Pilkada baru-baru ini gagal menang sebagai Waki Bupati mendampingi Ambo Dalle.

Di partai tersebut terlihat hadir aktivis buruh, Asnan As'ad yang akan memperkuat barisan pemuda di Dapil II. Ia bertekad jika terpilih akan mengedepankan kepentingan para buruh lokal yang saat ini dianggapnya tidak diperhatikan secara utuh.

Yang paling menarik adalah pendaftaran bacaleg Partai NasDem yang dikawal Sekretaris DPD Morowali, Gafar Hilal dan ratusan simpatisan. Mantan calon Bupati yang maju lewat jalur independen namun gagal menang, Haris Nunu bergabung di Partai besutan Surya Paloh itu.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya telah lama mengagumi Partai NasDem sejak pertama kali berdiri, mulai dari sistem administrasi, pengkaderan dan program kerja. Haris Nunu akan maju di Dapil II meliputi Kecamatan Menui Kepulauan, Bungku Selatan, Bungku Pesisir, dan Bahodopi.

NASDEM DAFTAR DI POSO

Partai besutan Surya Paloh kemarin mulai mendaftar di KPU Poso. Dipimpin Sony Tandra dan pengurus Nasdem Poso lainnya. KPU Poso mengaku telah membentuk tim pendaftaran Bacaleg serta telah menyiapkan jadwal pendaftaran. Budiman Maliki, Ketua KPU Poso mengatakan terkait pendaftaran Bacaleg, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan pihak kepolisian sebagai syarat administrasi.

Disinggung soal apakah ada perpanjangan pendaftaran jika waktu telah usai, Budiman menyampaikan, jika dirinya belum bisa membicarakan soal perpanjangan waktu pendaftaran, karena pihak KPU Poso saat ini masih berpedoman pada PKPU No.6/KPU/2018 tentang pendaftaran bacaleg. ‘’Intinya kami masih berpedoman dengan PKPU soal pendaftaran. Kita secara internal belum tahu apakah akan ada PKPU selanjutnya. Kita belum bicara soal apakah dibuka pendaftaran berikutnya," ucap Budiman. Ia mengimbau partai politik untuk tidak mengirimkan atau menyerahkan berkas di hari terakhir.

"Karena kalau ada perbaikan pas hari terakhir, sulit  dan tidak ada waktu. Kami mengimbau agar parpol menyerahkan di awal-awal sebelum berakhirnya tanggal yang telah ditentukan, kemudian jika ada perbaikan atau yang harus diperbaiki itu akan terasa gampang nantinya," pungkasnya.

PERBAIKAN BERKAS SAMPAI 31 JULI
Batas akhir penyerahan dokumen persyaratan Bacaleg ke KPU sejak tanggal 22 hingga 31 Juli 2018 mendatang. Hal ini diungkapkan Ketua KPU Palu Agusalim Wahid di ruanganya, Senin (16/7/2018).

Untuk proses pengajuan berkas dari parpol terhadap legislator yang mereka usung menurut Agus, dimulai tanggal 4 hingga 27 Juli 2018. Mulai dari hari awal pendaftaran hingga tanggal 16 juli, dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 Wita. Khusus di tanggal 17 diberikan waktu hingga pukul 24.00 Wita. ‘’Untuk pengajuan berkas bacaleg tidak ada perpanjangan, batas akhirnya hingga tanggal 17 Juli 2018, namun proses perbaikan dokumen persyaratan bacaleg, masih diberikan waktu dari tanggal 22 hingga 31 Juli 2018,’’  jelasnya.

Syarat dari dokumen bacaleg meliputi, pencalonan menggunakan formulir model B, daftar Bacaleg setiap daerah pemilihan menggunakan formulir B-1, surat pernyataan seleksi secara demokratis menggunakan formulir B-2, surat pernyataan Bacaleg memakai BB-1, informasi bakal calon menggunakan formulir BB-2, serta dokumen persyaratan calon lainya.

Pengganti ketua KPU lama Marwan Angku yang baru dilantik 13 Juli lalu tersebut juga berharap agar partai politik yang akan memasukan dokumen persyaratan bacaleg ke KPU, tidak pada saat batas tanggal yang telah ditentukan. Hal itu menurut Agus untuk mengantisipasi apabila masih ada item-item yang harus diperbaiki dalam berkas mereka. ‘’Kami berharap semua dokumen persyaratan bacaleg agar betul-betul dilengkapi, jika tidak akan dikembalikan lagi kepada parpol yang bersangkutan,’’ ungkapnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN