Hidayat: Tumbuhkan Kearifan Lokal, Hindari Konflik


Reporter: Firmansyah
Sumber/Foto: Satusulteng.com

GUNA MEMINILISIR Konflik sosial yang kerap terjadi di Palu, perlu menumbuhkan kembali atmosfir keislaman dan inilai-nilai kearifan lokal adat dan budaya masyarakat Kaili. Yaitu menjunjung tinggi toleransi, kekeluargaan dan gotong-royong. Demikian Wali kota Hidayat saat memberi sambutan di Halal bi halal Kecamatan Palu timur dan Mantikulore, di Restoran Kampung Nelayan (9/7/2018). Acara tersebut juga dihadiri  Ketua DPRD, Ishak Cae beserta anggota Dekot lainya, Yusuf Jombolino, camat, Lurah Paltim dan Mantikulore, LPM, pengurus lembaga adat, majelis ta'lim, Satgas K5, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemangku adat, serta tamu undangan lainya.

‘’Sesuai tema Halal bihalal malam ini, yaitu mengintegrasikan Islam dan nilai kearifan lokal, untuk menghindari serta mengurangi angka konflik sosial yang ada di kota Palu ini, olehnya kami membentuk Satgas K5 yang dalam orientasinya untuk menggerakan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban, keindahan, kenyamanan dan kebersihan. Selain itu juga dibentuk lembaga adat, yang berfungsi untuk menjaga nilai-nilai tersebut, Alhamdulilah peran dari lembaga ini, sudah mampu menyelesaikan problematik yang ada di wilayahnya masing-masing, " ungkap Hidayat.

Kegiatan silaturahim dilakukan dimalam tersebut, menurut Hidayat hanya ada di Indonesia. Karena kecerdasan para ulama jaman dahulu melahirkan dan menggagas kegiatan itu. Dimana dengan adanya pertambahan penduduk dan kemajuan Iptek akan membuat " jabat salam " semakin terpinggirkan oleh kecanggihan dunia saat ini.

Kembali Wali kota mengungkapkan bahwa Pemkot telah menganggarkan sebesar Rp30 juta pada setiap kelurahan, serta Rp20 juta untuk kecamatan se Kota Palu. Tujuannya, untuk mendukung kegiatan olah raga tradisional dan kesenian, seperti , lomba enggran, lari karung, main klar, lomba adzan, baca tulis Al Qur'an, dan vokal grup.

‘’Pada prinsipnya kegiatan yang akan dilakukan ini, selain untuk menumbuhkan rasa solidaritas, kekeluargaan, gotong royong dan memupuk jiwa kebersamaan antar masyarakat, juga memberikan penyegaran bagi warga yang padat dalam aktifitasnya sehari-hari, " jelasnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN