Imunisasi Massal Campak Rubela Digelar di Morut


Reporter/Morut : Pariaman Tambunan

SOSIALISASI Imunisasi massal Campak Rubela dilakukan masif di Kabupaten Morowali Utara. S alah satunya dilakukan di Desa Maralee Kecamatan Petasia Barat (27/07/2018) lalu. Kegiatan itu langsung dipantau Camat Petasia Barat, Herry Pinintoan.

Yunius Pesik menyampaikan Campak Rubela saat ini di Indonesia disosialisasikan secara masif. Hal itu sesuai dengan keputusan Menkes RI. Imunisasi Campak Rubela adalah pencegahan penularan penyakit campak dan rubela di tengah masyarakat dengan cara pemberian faksin. Kegiatan dilakukan secara massal dengan sasaran usia anak sembilan bulan hingga kurang dari 15 tahun.

Dampak Campak Rubela mengakibatkan penyakit radang paru-paru, radang otak, kebutaan serta diare dan gizi buruk. Rubelanya dapat menyebabkan penyakit kelainan jantung, kelainan mata atau katarak serta bisa menyebabkan tuli serta keterlambatan perkembangan tubuh dan kerudakan jaringan otot ujar Yunius.

Dengan mencegah penyakit ini secara massal diharapkan dapat pula mencegah secara masif. Pelaksanaanya akan dilaksanakan sejak Agustus -2018 ini di setiap tingkat sekolah, TK, PAUD, SD dan SMP di setiap posyandu atau di Puskesmas. ‘’Untuk itu para dewan guru memberikan data-data anak didiknya kepada kami, agar kami data di setiap sekolah untuk mencara siapa-siapa anak didik yang belum diimunisasi.’’ Terangnya.

Imunisasi dilaksanakan dengan dua tahap. Agustus dan Septembe 2018. Jadi nantinya di setiap sekolah murud-murid yang akan diimunisasi akan dipantau, apabila ia sedang panas atau sedang diare itu akan ditunda pelaksanaanya menunggu sembuh dulu, dan juga kami sudah sebagian memasang Baleho di persimpangan setiap jalan.

Sementara Herry mengharapkan pencegahan Campak Dan Rubela dapat menghindari berbagai penyakit di wilayah Kecamatan Petasia Barat. Ia berharap petugas kesehatan untuk terus-terus memberikan sosialisasi di masyarakat agar penyakit tersebut dapat dihindari.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN