KESENIAN ESKUL, Hidayat Tolak Instruksikan ke DKP


reporter: Firmansyah

WALI KOTA, Hidayat rupanya masih menyoal terkait tuduhan dirinya mengeluarkan instruksi lisan atau tulisan ke dewan kesenian palu (DKP) untuk melatih siswa-siswi SMP di Palu materi atau pelajaran tambahan – ekstrakulikuler kesenian seperti yang dipersoalkan anggota Komisi A, Ikbal Andi Magga yang menjadi tranding topik di Palu.

‘’Saya tidak membantah pernyataan saudara Ikbal Andi Magga atas statemennya. Namun saya ingin menanyakan kepada saudara saya itu, apakah dia mempunyai bukti terhadap hal tersebut,’’ ungkapnya. Hal itu diutarakanya kepada sejumlah wartawan di ruanganya, Rabu (11/7/2018).

‘’Sekali lagi saya tegaskan bahwa demi Allah tidak ada instruksi untuk DKP melatih kesenian dan melakukan penagihan kepada SMP se Kota Palu, saya berharap kepada saudara Ikbal memahami hal itu. Terlepas dari semua itu, kita jangan menutup mata atas prestasi yang dilakukan oleh DKP, dalam melatih kesenian kepada murid-murid sekolah. Kemarin sudah diberitakan di koran, mereka telah membawa nama daerah dikancah Nasional, " tutur Hidayat.

Menyoal tentang penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk pembayaran pelajaran seni oleh DKP, Hidayat menjelaskan bahwa menurut Kadis Dikjar Palu hal itu kebijakan antara kepala sekolah, serta DKP. ‘’Mata pelajaran seni masuk kedalam sekolah merupakan juga instruksi dari Dirjen Kebudayaan, " paparnya.

Hidayat kembali menegaskan kepada dinas terkait untuk melakukan konfirmasi kepada semua SMP di Palu, terkait kehadiran para pengajar DKP memberikan pelajaran tambahan kesenian. ‘’Kalau memang seniman tidak pernah datang mengajar di sekolah, jangan dibayarkan honornya. Jangan takut untuk melaporkanya jika memang salah, " akunya.

Menurut pernyataan DKP kepada Hidayat, dirinya menyatakan bahwa mereka sudah melakukan kewajibannya dalam memberikan pelajaran seni di sekolah yang ada di Palu. Bahkan kata mereka, tiru Wali Kota, masih ada honor pengajar  sebagian belum dibayarkan hingga sekarang. Selain itu mereka mempunyai komitmen antara sekolah, dimana honor tidak akan dibayarkan, jika tidak mengajar.

‘’Tadi mereka mengatakan akan turun melakukan aksi demonstrasi  ke Dekot, terkait pernyataan salah satu anggota legislator yang beredar di media massa. Namun saya menyampaikan agar hal tersebut dikonfirmasi secara baik-baik, tanpa mengerahkan massa, karena kita ada Forum Libu Ntodea, dimana ada ruang dialog untuk menyelesaikan dengan baik, " jelasnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN