Kopi Lokal Khas Pinembani


 
Reporter/Donggala: Zubair

WARGA Kecamatan Pinembani Kabupaten Donggala saat ini sedang menggalakan penanaman kopi lokal. Sejumlah desa sedang menggalakan dan memproduksi kopi. Di antaranya, Desa Gimpubia, Karawia, Karamalongga. Diprediksi ada sekitar 75 hektar luas area lahan penanaman kopi di Pinembani, ujar staf Kecamatan Pinembani, Tasman SP kepada Kaili Post.

Dia menegaskan bahwa, saat ini petani kopi di sana sedang intens melakukan penanaman kopi. Bahkan saat ini sudah ada yang memanen kopinya. Hanya saja, sejumlah kendala yang dihadapi para petani disana masih kesulitan menjual hasil panennya. 

Sistem pengolahan kopi masih sistem tradisional, dengan alat seadanya. Sulitnya medan dan jarak tempuh ke Kota menyebabkan petani kesulitan menjual hasil panennya. Cita rasa kopi Pinembani ini sangat beda dengan kopi kopi yang ada di Sulawesi Tengah. 

Namun produksi saat ini diakui Tasman menurun akibat penggerek batang dan lumut. Olehnya petani butuh penyuluh penyuluh lapangan untuk mendampingi petani di Pinembani, agar dapat meningkatkan produksi petani kopi.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN