KPU Donggala Gelar Rekapitulasi Suara


Reporter/donggala : zubair

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala Rabu (4/7) kemarin, memulakan rekapitulasi perhitungan suara hasil Pilkada serentak 2018. Setelah sebelumnya selama tiga hari berturut turut pleno tingkat PPK kecamatan telah berakhir.

Pleno yang dihadiri komisioner KPU dan Panwas Kabupaten serta 16 PPK se Kabupaten Donggala, juga delegasi saksi dari masing masing Paslon. Rapat pleno berjalan sangat dinamis, bahkan terkesan alot. Salah satu saksi Moh Irvan yang merupakan tim saksi Paslon nomor urut 3 VEGATA, mempersoalkan mengenai data tabulasi tingkat KPPS.

Menurutnya, ia telah menemukan banyaknya kejanggalan dalam hal daftar pemilih, hasil perhitungan, dan selisih angka jumlah pemilih di setiap TPS. Olehnya, pihaknya akan menjadikan hal ini sebagai bukti untuk dilaporkan ke Panwas kabupaten untuk diselidiki. 

Rapat pleno juga mengerahkan aparat keamanan dari Polres Donggala, menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kantor KPU Donggala di Kelurahan Gunung Bale. Sterilisasi ini guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Rapat pleno tersebut akan berlangsung hingga tanggal 9 Juli mendatang.

Sebelumnya, dilakukan pleno tingkat kecamatan. Untuk Kecamatan Banawa Tengah sejak 1 Juli 2018 lalu, Paslon nomor urut 2 SAKAYA unggul jauh dari tiga rivalnya. Atau selisih 1000-an suara dari IYAMO yang menempati posisi kedua di Banawa Tengah, Rabu (27/6) lalu.

Total perolehan suara maaing masing empat paslon dimana Paslon nomor urut 1 ARAHMAN memeperoleh suara 1507, Nomor urut 2 SAKAYA memperoleh 2875 suara, Paslon VEGATA hanya memperoleh 870 suara, sedangkan IYAMO menempel superolehan,suara kedua setelah Sakaya sebanyak 1870 suara. Dari total DPT sebanyak 7560 jika dibanding prosentase angka pemilih menandakan antusias masyarakat menyalurkan hak pilihnya sebanyak 85 persen.

Salah satu kecamatan dari total 8 kecamatan kemenangan SAKAYA pada Pilkada kali ini. Kecamatan yang diungguli SAKAYA masing masing Sojol Utara, Sirenja, Labuan, Tanantovea, Banawa Tengah, Banawa Selatan, Pinemvabi, dan Riipakava. Sementara pleno PPK tingkat Kecamatan Banawa Iyamo unggul disusul Paslon ARAHMAN, SAKAYA dan VEGATA.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN