Laporkan ke Ombudsman, Tarif dan Prosedur Bacaleg Tak Sesuai


reporter: ikhsan madjido

OMBUDSMAN RI Perwakilan Sulawesi Tengah menghimbau masyarakat dan bakal calon legislatif untuk melapor, apabila merasakan prosedur pelayanan dan tarif pengurusan surat untuk persyaratan pendaftaran caleg tidak sesuai.

Persyaratan yang dimaksud antara lain Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat keterangan bebas narkoba atau surat keterangan tidak pernah dipidana.

“Sepengetahuan kami, tarif pengurusan SKCK hanya Rp10 ribu, sehingga akan dicek kembali. Demikian halnya dengan biaya tes kesehatan dari RSUD Undata. Semua akan dimintai berapa tarif resminya,” ujar Kepala Ombudsman Perwakilan Sulteng, Sofyan Farid Lembah, Kamis (5/7/2018).

Diketahui, sejumlah bacaleg mengeluhkan prosedur pelayanan pemeriksaan kesehatan di RSUD Undata Palu. Bacaleg berharap prosedur pelayanan dilakukan secara terpadu. “Jika ada hal yang begitu harus dilaporkan, supaya bisa ditindaklanjuti. Baru menjadi bacaleg saja tidak berani membela dirinya sendiri, jangan-jangan nantinya jika terpilih tidak bisa membela masyarakat,” katanya.

Sementara itu, bacaleg yang enggan dikorankan namanya mengaku untuk tarif pemeriksaan kesehatan masih wajar. Untuk mendapatkan surat keterangan dokter atas lima item yang diperiksa, yakni surat keterangan bebas penyalahgunaan narkoba, surat keterangan sehat rohani, hasil pemeriksaan narkoba, dan laporan hasil tes kejiwaan, dirinya hanya merogoh kocek sekitar Rp520 ribu.

“Wajarlah tarif sebesar itu, karena kita diperiksa dokter spesialis yang hasilnya tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan untuk SKCK cukup bayar Rp30 ribu saja” katanya. “Untuk biaya memperoleh surat keterangan tidak pernah dipidana di Pengadilan Negeri (PN) Palu, hanya dikenakan Rp5 ribu,” tambahnya.

Salah satu pengamat ekonomi, Fahrul Faudzi menilai dengan besaran tarif yang dikeluarkan bacaleg saat tes kesehatan, tentunya akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Sulteng. “Ada 3 daerah yang yang melakukan tes kesehatan di Undata. Palu, Donggala dan Sigi, yang jumlah bacalegnya diperkiran sekitar 4 ribuan. Kali jo itu,” ujarnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN