Maret, Orang Miskin di Sulteng Turun 14,01%


reporter: firmansyah
HASIL SURVEI Sosial ekonomi nasional, dari September 2017 hingga Maret 2018 dinyatakan bahwa penduduk miskin di Provinsi Sulteng mengalami penurunan sebanyak 14,01 persen. Atau, dari absolut jumlahnya berkisar 420,21.000 orang. Demikian Kepala Bidang Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng Wahyu Yulianto, saat memberikan keterangan pers Senin (16/7/2018).

Menurut Wahyu, angka presentasi dari hal tersebut berfuktuatif jumlahnya. Seperti di bulan Maret 2016 juga mengalami penurunan, September  2017 mengalami kenaikan sebesar 14,22  persen. Untuk presentasi penduduk miskin  di wilayah kota dibulan Maret 2018 berjumlah 10,15 persen, sementara dipedesaan sebanyak 15,51 persen.

Faktor yang mendominasi naiknya garis kemiskinan yang ada di Sulteng, Wahyu menjelaskan sekitar 75,69 persen dari sektor pangan atau makanana. Seperti beras dan rokok filter. Proporsi peningkatanya lebih tingi di daerah pedesaan, dibanding perkotaan. " Meskipun konsumsi maayarakat daerah pedesaan dan perkotaan relatif sama, namun tingkat kenaikanya lebih tinggi di wilayah pedesaan, " jelasnya.

Untuk faktor penunjang terjadinya kenaikan garis kemiskinan lainya selain makanan, menurut Wahyu dari sektor perumahan sebanyak 7,66 persen, bensin 2,95 persen, listrik 1,36 persen, pendidikan 1,25 dan perlengkapan mandi 1,1 persen. " Dalam melihat jumlah kemiskinan yang ada disatu wilayah, bukan hanya menilai dari sisi jumlah atau presentasinya saja. Namun juga bagaimana melihat dari tingkat keparahan kemiskinan di wilayah itu sendiri. Untuk pendalaman kemiskinan kami beri kategori B 1. Tingkat keparahanya dikategorikan dengan B2. Arti dari kemiskinan adalah ketidak mampuan dari susi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan non maakanan. Untuk kebutuhan dasar makanan, dibutuhkan konsumsi kalori sebanyak dua ribu seratus kilo gram perhari. Jadi pengertian dari penduduk miskin adalah rata-rata pengeluaran perkapitanya perbulan dibawah garis kemiskinan, " ungkapnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN