P2TL PLN Tertibkan Pencurian Listrik


reporter: Ikhsan madjido

PT PLN (PERSERO) Area Palu terus memerangi aksi pencurian listrik dengan mengerahkan tim Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) untuk memburu pencurian listrik. PLN terus menjalankan aksi tersebut karena aksi pencurian listrik merugikan negara.

Modus pencurian listrik yang dilakukan pelanggan atau bukan pelanggan terhadap instalasi dan atau alat pengukur dan pembatas (APP) milik PLN dengan mempengaruhi pembatas daya, mempengaruhi pengukuran, serta memakai listrik tanpa alasan yang sah.

“Selama 3 bulan penertiban ini, di Kota Palu mayoritas ditemukan pelanggan yang melakukan sambungan langsung dan pemakaian daya yang tidak sesuai. Itu semua bisa dikategorikan sebagai pencurian listrik,” ujar Koordinator Lapangan (Korlap) P2TL PLN, Supriatno, saat pemeriksaan jaringan tenaga listrik di rumah salah satu warga di Palu, Kamis (12/7/2018).

Pada penertiban yang menerjunkan beberapa tim ini, PLN menertibkan penggunaan listrik seperti pemasangan ilegal dan pemasangan listrik tidak sesuai prosedur.

Menurut Supriatno, selain terjadinya pencurian listrik, penggunaan listrik tidak tertib menyebabkan banyak musibah kecelakaan dan kebakaran terjadi di rumah warga.

Ia mencontohkan penggunaan tidak tertib misalnya pelanggan tidak menggunakan MCB, yang fungsinya mencegah terjadinya kebakaran saat korsleting listrik.

Selain itu adanya pelanggan yang mencantol listrik tanpa adanya alat pengukur, atau langsung mengambil dari kabel jaringan ke rumah.

"Ini beresiko dan tidak terukur, sehingga kami harus menertibkannya. Selain mengamankan rumahnya, kami juga menghindari penggunaan listrik yang berdampak merugikan pelanggan dalam hal tagihan," ungkapnya.
Pelanggan yang ketahuan memasang listrik ilegal, hanya akan dikenakan tagihan susulan oleh PLN namun tidak memberikan sanksi dan denda kepada pelaku.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN