Pemkab Banggai Peringati HUT Ke 58


Reporter/luwuk : imam muslik

PEMERINTAH Kabupaten Banggai pada tanggal 08 Juli 2018 Genap berusia 58 tahun. Hari jadi itu diperingati sebagai puncak perayaan hari jadi kabupaten terbaik kemajuan ekonominya di Sulteng. Upacara diselenggarakan di Alun Alun Bumi Mutiara, Luwuk. Hadir Gubernur diwakili Sekretaris Propinsi Hidayat Lamakarate, Bupati dan Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Dandin 1308, dan unsur Forkopimda,  serta seluruh OPD. HUT kali ini mengusung tema fokus dan arahkan kemajuan mewujudkan visi dan Misi menuju Kabupaten Banggai yang lebih sejahtera.

Herwin Yatim mengatakan sesuai UU No. 29 Tahun 1959 tanggal 4 Juli 1959 tentang pembentukan daerah tingkat 2 di Sulawesi. Tanggal 8 Juli ditetapkan sebagai tanggal lahirnya Kabupaten Banggai. HUT yang ke 58 tahun, Pemkab berupaya mendesaian atau merancang sebuah formula masa depan berlandaskan realita, dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah masa lalu.

Sebagai masyarakat Kabupaten Banggai kita wajib bersyukur hari kelahiran kabupaten sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan dengan karya dan prestasi kerja produktif dengan meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

Sebagai daerah yang menjadi bagian sejarah awak berdirinya propinsi Sulteng memiliki peran dan sumbangsih yang sangat strategis bagi kemajuan Sulteng, terutama bagi perkembangan wilayah Timur dari propinsi ini berada pada titik strategis yang unik di wilayah kawasan Timur Sulteng, Banggai berada tepat disimpul pengembangan Teluk Tomini, Teluk Tolo dan Laut Maluku yang masing-masing merupakan kawasan peraian laut yang kaya dan berpotensi besar serta sebagai bagian dari alur pelayaran laut di kawasan  Indonesia tengah bagian Timur.

Visi ke depan menjadikan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai Pertanian dan kemaritiman berbasis kearifan lokal dan budaya. Misi ini adalah tindak lanjutan mewujudkan Kabupaten Banggai yang maju dan sejahtera dan mandiri. Fokus kerja pemerintah daerah adalah pertumbuhan ekonomi yang meningkat sehingga akan memberi dampak pemicu bagi perkembangan daerah sekitar.

Memanfaatkan potensi sumber daya alam dan komoditas unggulan daerah termasuk pertanian, kemaritiman, membangun insfrastruktur untuk menopang aktivitas ekonomi dan pariwisata serta melakukan pemenang birokrasi yang semuanya dilaksanakan dalam rangka kearifan Lokal dan budaya.

Dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia yaitu tahun 2016 sebesar 37.12 % menunjukkan bahwa daerah ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan cadangan Gas Alam yang telah diekploitasi serta industri turunannya masih menjadi penopang tingginya investasi.

Namun masih ada potensi potensi yang terus menerus digenjot seperti, perkebunan, perikanan serta pariwisata demi tumbuhnya perekonomian daerah kabupaten banggai yang kita banggakan ini. Di samping itu pula berkembangnya sektor perdagangan dan jasa akibat berkembangnya Kota Luwuk sebagai ibu kota Kabupaten Banggai dengan ciri dan aktivitas perkotaan yang semakin berkembang dan beragam.

Hampir dua tahun lebih telah berupaya melakukan kerja nyata dalam mengembang amanah rakyat serta kerja cepat dan taktis telah diupayakan untuk melaksanakan tujuan dan kebijakan pemohon yang telah kami canangkan dan rencakan dan hingga saat ini sudah ada 130 inovasi yang telah tercipta inovasi itu ada di berbagai sektor Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, usaha kecil menengah, hingga perbaikan birokrasi.

Disektor kesehatan telah diciptakan Posyando prakonsepsi yaitu posyandu yang dikhususkan untuk mendukung 1000 hari pertama kehidupan dengan upaya menekan angka kematian ibu dan bayi serta bayi stating satu satunya dan pertama di Indonesia dan pemkab telah mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah ke BPJS dan akan terus menerus untuk mencapai target 120 ribu peserta.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN