Polres Turun Ikut Menata Pasar Simpong



Reporter/Luwuk: Imam Muslik

KEPOLISIAN Resort Banggai turut mengakselerasi pelayanan ketertiban dan keamanan di wilayahnya. Di aula Polres dilakukan rapat koordinasi penataan parkir dan lapak pedagang kaki lima (PKL) di area Pasar Simpong, Luwuk. Pertemuan itu juga dihadiri Kadis Perdagangan, Kadis Perhubungan, Dandim diwakili staf Kasdim, Camat Luwuk Selatan.

Kapolres Banggai, AKBP. Moch. Sholeh menyampaikan bahwa penataan Pasar Simpong adalah tanggung jawab bersama. Kondisi saat ini, pasar itu sudah sangat menganggu segala aktvitas masyarakat terutama yang mempunyai kendaraan. Ia berjanji, masa kepemimpinannya masalah kesemrawutan Pasar Simpong dapat selesai. ‘’Kita tidak dapat berbuat tanpa dukungan perangkat pemerintah setempat,’’ tandasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Banggai, Husrin mengakui bahwa keadaan Pasar Simpong saat ini masih semrawut dan masih sulit untuk dilakukan perubahan. Hal ini disebabkan, pertama; tidak adanya lahan parkir yang representatif. Akibatnya, PKL menggunakan lahan parkir yang ada.

Kedua; adanya pasar yang dipinggir pantai sangat mengganggu dan langkah yang dilakukan adalah harus dilakukan pengerukan (normalisasi) bibir pantai. Tapi hal itu belum terealisasi. Akibatnya, sudah berulang ulang ditertibkan, tetap sulit untuk lebih baik.

Ketiga; pasar sudah ditangani beberapa dinas antar lain Dinas Bencana alam, Dinas  lingkungan dan Satpol PP, ‘’Dan kami selaku Kadis selalu berkoordinasi tetapi belum ada penyelesaian hingga saat ini.

Di sisi lain kemungkinan besar untuk pembanguan Pasar Simpong tahap dua akan turun anggarannya, sehingga pembangunan relokasi khususnya pada Zona 1. Kami butuh bantuan Kapolres dan jajarannya untuk melakukan pendampingan dalam penataan pasar baik yang ada di Simpong maupun di Toili,’’ terang Kadis Perdagangan itu.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN