Prof Basir: Untuk Apa Rektor Berpolitik

Reporter: Yohanes Clemens

REKTOR Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir H Muhammad Basir Cyo mengaku ada surat edaran dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang meminta pemimpin perguruan tinggi negeri (PTN) bersikap netral dan independen selama tahun politik, baik Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

Bahkan Prof Basir mengatakan, bukan hanya saat ada surat edaran, tapi hampir setiap hari terus diingatkan. ‘’Terkait dengan surat itu memang benar, kita diminta independen (di tahun politik). Apalagi PTN kan ASN, jadi harus. Sudah ada edaran menteri, harus independen, bahkan hampir setiap hari kita selalu diingatkan," ucap Rektor Untad kepada media ini.

Prof Basir menambahkan, surat edaran itu sudah benar untuk kita pimpinan kampus agar selalu netral dalam menghadapi tahun politik. Karena, untuk apa juga pimpinan universitas berpolitik. ‘’Itu sudah pasti, mau apa juga rektor berpolitik. Kami terlahir untuk akademisi," jelas Prof Basir. 

Sedangkan untuk mahasiswa yang berpolitik praktis dan membawanya ke kampus, Rektor belum bisa memastikan apakah ada atau tidak. Sebab jumlah mahasiswa Untad terlalu banyak, sehingga tidak bisa dicek satu per satu. 

‘’Kalau untuk jamin ada atau tidaknya mahasiswa yang terlibat politik praktis, saya belum bisa jamin. Karena terlalu banyak mahasiswa yang ada di kampus Untad ini. Namun kita selalu mengimbau agar jangan bawa atribut Untad kalau mau berpolitik praktis," cetusnya.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN