Ruangan Direhab, Pencairan Lambat


 reporter: Syamsir Hasan

SUDAH Beberapa pekan ini sejumlah OPD dan pihak ketiga harus sabar bila akan berurusan di bagian keuangan Pemkab Donggala. Pasalnya, ruangan yang setiap harinya sebagai pusat atau nadi jalannya roda keuangan pemerintahan terhenti karena direnovasi.

Namun hal itu mengundang protes. ‘’Harusnya bagian keuangan memperhatikan keadaan. Jika renovasi harus ada alternatif lain agar kegiatan yang sudah berjalan dan memerlukan dana tidak terganggu. Silahkan memperindah ruangan tetapi harus diingat juga dampaknya,’’ kata Afwan, salah satu kontraktor kepada wartawan. Ia mengaku dananya tertahan sebulan berjalan.

Selain kekesalan kontraktor, ada beberapa OPD juga mengeluhkan hal yang sama. Program sudah berjalan tetapi dananya belum dikeluarkan oleh pihak keuangan. ‘’Sedangkan ini bulan sudah memasuki anggaran TW 3. Mau diapa sudah, kalau memang benar di keuangan sedang memperbaiki sistem dan ruangannya. Kita tunggu saja,’’ kata salah satu staf DPRD yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Ketika hal itu dikonfirmasi ke pihak keuangan, ‘’Maaf pak proses keuangan untuk sementara kami hentikan. Sistem belum berjalan karena ruangan direnovasi, kalau mau foto didalam silahkan tapi kordinasi dulu,’’ tutur staf keuangan kepada wartawan. Menurut keterangan staf keuangan pihaknya menolak berkas dengan alasan takutkan tercecer.

Di tempat yang sama Kasub belanja langsung (LS) Masyitah menjelaskan bahwa proses terhenti sejenak sampai menunggu proses renovasi selesai. Pihaknya juga sudah memberitahukan kepada pihak ketiga. Ia pun menyesalkan bila pihak ketiga yang mempertanyakan hal itu. Harusnya OPD terkait yang memiliki kompeten dan berurusan dengan keuangan yang datang dan membawa dokumen. ‘’Jangan khawatir pak, Tetap kami proses semua SPUM yang sudah masuk tetapi jangan memaksa, karena dokumen SPUM juga bertumpuk untuk diproses,’’ pinta Masyitah.

Sementara itu Kepala Dinas Keuangan Rahman L, Lugu yang dikonfirmasi di kantor DPRD menjelaskan batas waktu proses renovasi ruangan keuangan belum diketahuinya sampai kapan selesai. ‘’Kalau teman-teman  wartawan tidak yakin coba dilihat sendiri keadaannya ruangan keuangan bagaimana kondisinya. Untuk itu kami belum bisa memastikan waktu selesainya renovasi. Dibutuhkan waktu untuk bersabar pasti semua terproses, ‘’ singkat Rahman.  Ruangan keuangan membenarkan bahwa ruangan tersebut sedang melakukan renovasi dan terlihat kabel" masih dalam keadaan berserak serakan dan belum teratur.***
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN