Sekolah Binaan Teken MoU Adiwiyata



Reporter: Ikhsan Madjido

SMPN 14 Palu dan sekolah binaan lakukan penandatanganan MoU atau dokumen kesepahaman pengembangan sekolah adiwiyata. MoU tersebut berisi kesepakatan bahwa sekolah binaan berhak menerima binaan dari sekolah pembina. Sekolah binaan adiwiyata SMPN 14 Palu adalah SMPN 7 Palu.

“SMPN 7 adalah sekolah ke-3 setelah SMA Lab School dan SD Permata Bangsa, yang telah menjalin kerjasama dengan kami dalam pengembangan sekolah adiwiyata,” ungkap Kepala SMPN 14 Palu, Herlina, Rabu (18/7/2018).

Tujuan pembinaan sekolah adiwiyata ini, dituturkan Herlina, adalah sebagai syarat SMPN 14 Palu menuju sekolah adiwiyata mandiri. “Predikat sekolah adiwiyata nasional menjadi sebuah penghargaan besar bagi sekolah kami. Adiwiyata diadakan secara bertahap mulai dari tingkat kota hingga ke tingkat nasional. Namun ada satu tingkatan lagi yang belum dicapai oleh sekolah. Apalagi jika bukan Sekolah Adiwiyata Mandiri,” ujarnya.

Untuk mendapatkan penghargaan sekolah adiwiyata mandiri, tentunya membuat keluarga besar SMPN 14 Palu harus semakin maksimal.  “Karena sekolah tidak hanya harus menjaga lingkungan untuk tetap bersih, tetapi juga harus memiliki dan memberikan contoh pada 3 sekolah binaan,” terangnya lagi.

Program Adiwiyata Tingkat Nasional terdiri dari Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional. Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional, telah membina minimal 3-10 sekolah imbas/binaan yang belum menjadi sekolah Adiwiyata sampai menjadi sekolah Adiwiyata Kabupaten/Kota dan pada saat penilaian tahun berjalan memiliki nilai minimal 72.

Program pembinaan pembinaan lingkungan hidup yang akan dilakukan seperti pembuatan biopori, sumur resapan, penghijauan, pembibitan TOGA, green house, pengomposan dan pengurangan serta pemilahan sampah. “Program adiwiyata dilaksanakan dengan berdasarkan pada prinsip edukatif, partisipatif dan berkelajutan,” katanya.

Syarat untuk mendapatkan pembinaan sekolah adiwiyata tidaklah rumit.
“Asalkan sekolah tersebut siap dan bersedia untuk menjadi sekolah binaan, maka SMPN 14 akan membuat perjanjian atau dokumen kesepahaman,” tutup Herlina.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN