SMMPTN Untad Batal Buka Prodi Kedokteran


Reporter: Yohanes Clemens


REKTOR Universitas Tadulako (Untad) Prof Dr Ir H Muhammad Basir Cyio SE MS, membatalkan jalur seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMMPTN) Universitas Tadulako (Untad) untuk program studi kedokteran. Batalnya penerimaan Prodi Kedokteran melalui jalur SMMPTN karena calon mahasiswa yang lulus lewat jalur SNMPTN dan potensi yang akan lulus jalur SBMPTN telah memenuhi kuota.


‘’Untuk Prodi Kedokteran kami tidak akan menerima dan membuka pendaftaran pada jalur SMMPTN. Hal ini, karena kuota mahasiswa Kedokteran terbatas setiap tahunnya, dan dengan melihat potensi pada SBMPTN serta yang telah lulus pada SNMPTN. Sehingga kami pastikan bahwa Prodi Kedokteran tidak akan dibuka pada SMMPTN," ujar Prof Basir.

Prof Basir menambahkan kebijakan untuk tidak menerima calon mahasiswa jalur SMMPTN telah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir, dan itu dilakukan karena Prodi Kedokteran dibatasi secara ketat terkait kuota mahasiswa baru. Rektor mengakui animo pendaftar untuk Prodi Kedokteran di Fakultas Kedokteran Untad paling tinggi setiap tahunnya. Bahkan, perbandingan antara pendaftar dengan mahasiswa yang diterima sampai 1 berbanding 7.

‘’Sebenarnya, kami ingin menerima mahasiswa Kedokteran 150 sampai 200 orang. Namun, sesuai aturan dari kementerian, sehingga kuota kami setiap tahun hanya 80 sampai 90 orang," jelasnya. Sedangkan, terkait dengan prodi lain yang tidak akan menerima pendaftar jalur SMMPTN, Prof Basir menegaskan kemungkinan terkait hal itu masih ada. Usai pengumuman resmi SBMPTN pada 3 Juli mendatang, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi sekaligus menghitung dan mengevaluasi kuota mahasiswa per program studi.

"Kalau soal itu, untuk saat ini yang sudah pasti ditutup adalah Prodi Kedokteran atau yang dikenal sebelumnya Pendidikan Dokter. Usai pengumuman, kami akan mengevaluasi, dan jika ada prodi yang kuotanya sudah memenuhi, akan kami tutup," tegasnya.

Olehnya, rektor berterima kasih kepada seluruh masyarakat Sulteng, baik di Kota Palu, maupun dari daerah lainnya yang telah mempercayakan anak atau pun keluarganya untuk menempuh pendidikan di Untad. 

Pendaftaran jalur SMMPTN Untad sendiri telah dibuka sejak 18 Juni dan akan ditutup pada 10 Juli 2018. Pendaftaran menggunakan sistem online dengan total kuota hampir mencapai 3.000 kursi.** 


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN