Syarat Lebih Ketat, Belum Ada Bacaleg Mendaftar


 
Reporter : ikhsan madjido

PENDAFTARAN Calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota sudah dibuka sejak 4 Juli 2018 lalu. Pendaftaran akan dibuka sampai 17 Juli pukul 00.00 Wita mendatang. Namun, sampai hari ketiga, belum ada satupun partai politik (parpol) yang mendaftarkan bakal calon anggota DPRD Sulteng ke KPU Sulawesi Tengah. Parpol peserta Pemilu 2019 masih sebatas mencari informasi dan berkoordinasi dengan kelompok kerja (Pokja) KPU Sulteng.

“Sampai hari ini, belum ada parpol yang mendaftarkan bakal calegnya. Tapi parpol yang datang berkoordinasi di sini sudah banyak. Kalau pengalaman kemarin-kemarin, biasanya empat atau lima hari sebelum penutupan baru mulai datang mendaftar, dan puncaknya biasanya satu atau dua hari sebelum penutupan pendaftaran,” kata Ketua KPU Sulteng,Tanwir Lamaming, usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) KPU dengan instansi terkait, (6/7/2018).

Sementara itu, anggota KPU menyatakan bahwa Rakor dengan instansi terkait adalah untuk membangun kesepahaman bersama terkait berbagai dokumen sebagai syarat pencalonan. Rapat koordinasi membahas yang lebih teknis misalnya tentang kewenangan, proses, dan prosedur surat keterangan tidak pernah dipidana.

Di rakor yang membahas berkaitan pendaftaran calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota dan DPD tersebut dihadiri instansi terkait diantaranya Polri, Kejaksaan, Lembaga Pemasyarakatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kemenag Sulteng dilibatkan dalam pertemuan tersebut berkaitan dengan legalisasi ijazah sebagai syarat bagi bakal calon anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten kota dan DPD,” jelasnya.

“Ini sebenarnya forum koodinasi untuk menyatukan persepsi kita berkaitan dengan keabsahan suatu dokumen dalam persyaratan calon,” tambahnya. Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya, karena berdasarkan PKPU Nomor 20 tahun 2018 ada beberapa syarat bagi bakal calon.

“Misalnya, partai politik yang ingin mendaftarkan calegnya harus mengisi pakta integritas, sebagai salah satu syarat pencalonan,” katanya. Selain itu, pada pasal 7 syaratnya calon yang diajukan oleh parpol bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN