TAMBAK DI LUWUK TIMUR DIDEMO


Reporter/luwuk : imam muslik

FORUM Masyarakat Uwedikan (FORAT) dan warga desa melakukan unjuk rasa (Unras) demo (9/07/2018) lalu. Mereka menuntut PT Lautan Gunung Mas di Desa Uwedikan Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai yang bergerak di bidang tambak ditutup. Tuntutan warga itu diakibatkan investasi itu malah membuat sejumlah masalah di desa.

Pertama; karena pembukaan tambak itu sejumlah jalan desa rusak berat karena lalu lalang kendaraan berat perusahaan. Kedua; kendaraan dan alat berat merusak pipa-pipa air bersih; meluapnya air hujan ke kebun kelapa warga karena serapan air hujan mulai berkurang; terakhir perusahaan tambak PT Lautan Gunung Mas ternyata belum mendaftarkan karyawan ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Banggai. Serta upah yang rendah di bawah UMK.

Pendemo juga menuduh bahwa perusahaan sebelum melakukan pembukaan lahan tidak pernah menyosialisasikan dokumen analisa dampak lingkungan (AMDAL) khususnya di Desa Uwedikan. Perusahaan itu juga dituding mempekerjakan tenaga asing (TKA) ilegal.

Warga yang berjumlah hampir mencapai 160 orang lebih mendapat tanggapan dari pihak perusahaan, Willy sekaligus sebagai penerjemah, PT. Lautan Gunung Mas. Perusahaan berjanji akan menampung semua aspirasi dari masyarakat.

Hadir mediasi itu Kades Uwedikan, Lapulo, Kapolsek Kota Luwuk, Danranil 1308, Sekdes Uwedikan, warga Desa Uwedikan dan juru bicara dari perusahaan Willy.
Kesepakatan mediasi yang prioritas yaitu secepatnya dilakukan sosialisasi dari perusahaan maupun pemerintah terkait tuntutan warga. Kedua; rekrutmen tenaga kerja disesuaikan dengan klasifikasi maupun skill sesuai kebutuhan perusahaan. Demikian pula dengan upah harus mengacu pada UMK Banggai  tahun 2018.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
loading...
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN