Tiga Fraksi SOROTI Meroketnya Silpa


reporter: firmansyah

SIDANG Paripurna DPRD Palu menjadi ajang menyoroti lemahnya serapan anggaran Pemkot TA 2017 hingga meroketnya Silpa yang hampir 100 miliaran rupiah itu. Paripurna mengagendakan jawaban Wali kota terhadap pandangan umum fraksi atas rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tAhun anggaran 2017.

Adalah Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Rakyat (PAN) serta Partai Restorasi Pembangunan memberikan kritik atas kinerjanya Pemkot dalam pengendalian dan pengelolaan keuangan daerah terkait Silpa senilai Rp97 miliar lebih, Rabu (4/7/2018) di ruang sidang utama Dekot.

Asisten I Sekdakot, Moh Rifani Pakamundi menjelaskan bahwa sisa anggaran tersebut bersumber dari anggaran yang peruntukannya tidak bisa digunakan untuk pembiayaan dan kegiatan lain. Terkecuali untuk penggunaan sertifikasi guru, tambahan penghasilan tenaga pendidik, BOK Paud, BOK tenaga kesehatan, BO Adminstrasi kependudukan, DAP rokok, dana kesehatan pusat, dana BOS pusat, dana bagi hasil reboisasi.

Fraksi Golongan Karya (Golkar) dalam pandanganya atas rancangan peraturan daerah terhadap pertanggung jawaban pelaksanaan APBD TA 2017 menyarankan agar hal itu dibahas di tingkat rapat selanjutnya. Dalam tanggapanya, Rifani menjelaskan bahwa kendala realisasi pajak daerah disebabkan karena sejak diserahkanya pengelolaan PBB P2 dari pajak pratama kepada pemerintah kota Palu, tahun 2012 disertai dengan utang yang perlu diidentifikasi. Upaya itu akan dilaksanakan di tahun 2018. Dengan melakukan tindakan up date data PBB, sehingga di tahun ini piutang data yang telah terindentifikasi, serta masuk dalam kategori kadaluarsa akan dikoreksi dan dihapus dalam data PBB, serta neraca keuangan sesuai dengan undang-undang tahun 2009. Rapat paripurna tersebut juga dirangkai dengan pembentukan Panitia Khusus yang anggotanya diambil dari masing-masing  fraksi DPRD Palu. Terdiri dari sebelas anggota.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN