Wabup Buka Pelatihan MU Dinkes


Sumber: Humas Parmout

DINAS Kesehatan Parigi Moutong melaksanakan Pelatihan Midwifery Update (MU) bagi Bidan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong yang di buka langsung Wabup Parmout Badrun Nggai, di Aula Lantai II kantor bupati (14/07/2018). 

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut menghadirkan peserta sejumlah 102 orang bidan yang tersebar di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit di  Parmout. Pelatihan itu juga menghadirkan pemateri dari pengurus daerah ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Sulteng, fasilitator pengurus cabang IBI Parmout, dokter spesialis Obgyn dan Dokter anak.

Ketua pengurus daerah IBI Provinsi Sulteng Mardiani Mangun mengatakan dari 25 pelatihan, pelatihan yang dilaksanakan tersebut adalah salah satu dari pengumpulan kredit profesi bagi tenaga kesehatan. Khususnya, bidan dan peserta yang hadir saat ini tentunya sudah mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) karena STR tersebut wajib dimiliki oleh setiap tenaga kesehatan.

"Apabila tenaga kesehatan khususnya bidan tidak mempunyai surat tersebut maka dikatakan malpraktek dan kalau malpraktek maka dikenakan hukum maka peserta selama lima tahun harus mengupdate surat tanda registrasi," ungkap Mardiani Mangun. Ia mengatakan bahwa bidan yang mengikuti pelatihan ini juga harus mempunyai izin dari kepala Puskesmas diwilayah kerjanya sehingga Desa yang ditinggalkan ada yang mengisi dalam pelayanan.

"Jadi panitia melalui ketua PC penyelenggara kegiatan agar setiap kegiatan khususnya pelatihan seperti ini, para peserta harus mempunyai izin dari Kepala Puskesmas dan bila bidan di desa jauh dari puskesmas induknya harus sepengatahuan kepala desa," harapnya.

Sementara itu Badrun Nggai dalam arahannya mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu pelatihan terbaik guna meningkatkan kompetensi para bidan dalam menunjang profesinya terutama terhadap perkembangan terkait pelayanan kebidanan yang ada di daerah ini.

"Olehnya itu sangat dibutuhkannya kesiapan bidan dan profesional dalam memberikan pelayanan kebidanan berkualitas serta menjadi mitra perempuan dan panutan bagi keluarga," himbau Wabup. Lebih lanjut Wabup berharap pelatihan MU dapat memenuhi kebutuhan bidan sebagai tenaga profesional dalam meningkatkan kompetensinya.

"Mengingat pelatihan MU ini menjadi salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap profesi bidan yang akan memperpanjang STRnya karena kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat utamanya bagi kesehatan ibu dan anak dikabupaten parigi moutong cukup tinggi," harap Badrun Nggai.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN