400 Makalah Akan Dibahas di AICIS 2018



Reportase: Ikhsan Madjido

ANNUAL International Conference of Islamic Studies (AICIS) akan digelar pada tanggal 17 – 20 September 2018 di IAIN Palu. Tidak kurang dari 2000 akademisi dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam ini.

Menurut Kasubdit Akademik Direktorat PTKI Mamat Salamat,  dalam gelaran AICIS tahun 2018 ini akan dihadirkan hampir 400 penyaji makalah. “Para pemakalah akan mengangkat masalah keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonomi Islam, sosial humaniora, dan dunia global,” jelas Mamat, seperti dilansir dari laman kemenag.go.id.

Pernyataan ini disampaikan Mamat pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Persiapan Penyelenggaraan AICIS di Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (20/08/2018) lalu. Demi menyukseskan acara, Mamat mengaku telah menggandeng 58 humas PT KIN untuk membantu sosialisasi dan publikasi AICIS. “Di samping itu kita akan mengoptimalkan media sosial dan media mainstream untuk  mempublikasikan acara ini,” imbuh Mamat.

Sementara itu, Direktur PTKI Arskal Salim berharap AICIS 2018 menjadi momentum bagi civitas akademika PTKI untuk dapat mensosialisasikan ide, gagasan, dan karya ilmiah di panggung internasional. “Ratusan paper yang disajikan oleh para peserta,  yang note benenya akademisi papan atas baik dalam dan luar negeri, saya harap bisa dipublikasikan pada jurnal-jurnal bertaraf internasional,” kata Arskal Salim.

“Semoga manfat kegiatan ini dapat dirasakan oleh bangsa Indonesia serta masyarakat Internasional,” tambah Direktur yang juga alumni Pesantren Daarur Rahman Jakarta. Dengan mengambil tema “Islam in the Globalizing World: Text, Knowledge, and Practice”, AICIS 2018 ini akan menghadirkan sejumlah intelektual dari berbagai negara, seperti Ken Michi ( Waseda University Japan) dan Hew Wei Weng (UKM Malaysia) yang akan berbicara tentang Islam and Globalizing World, juga Sher Banu A. L. Khan (NUS Singapore) dan Richard Mathews yang akan berbicara tentang Current Development of Islam in South East Asia.

Sejumlah intelektual dalam negeri juga akan mengisi AICIS tahun ini seperti Prof. Amin Abdullah, Siti Ruhaini Dzuhayatin (staf khusus presiden), Prof. Oman Fathurrahman (staf ahli Menteri Agama), intelektual muda Indonesia, Syafiq Hasyim, dll. Olehnya itu di FGD persiapan penyelenggaraan AICIS itu, Arskal Salim meminta agar lebih dimatangkan lagi persiapan yang lebih detail dan teknis. “Meski sudah ada persiapan yang panjang, tapi sejauh ini masih belum sempurna,” jelasnya.

Arskal mencontohkan para nara sumber dari luar negeri, meskipun sudah ada konfirmasi kehadiran, namun tetap harus dipastikan lagi teknis kedatangan mereka. “Harus dipastikan lagi keberadaan para nara sumber nanti selama di Indonesia,” pintanya. Sebagai barometer hajatan intelektual PTKI, Arskal meminta agar paper yang disajikan di AICIS nanti selain terpublikasikan di MORAREF, juga agar bisa terindeks di ISC (Islamic World Science Citation Center). “Jika paper yang disajikan ada 400, setidaknya yang 100 bisa terindeks di ISC, agar dunia internasional tahu tentang hajatan akademik PTKI ini,” pintanya.

FGD Persiapan Penyelenggaraan AICIS dilaksanakan pada tanggal 19-21 Agustus 2018 dan dihadiri oleh beberapa akademisi. Diantaranya perwakilan dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, IAIN Pontianak, IAIN Surakarta, dan IAIN Palu sebagai tuan rumah. Juga panitia dari unsur Ditjen Pendidikan Islam.

Terpisah dilansir dari laman humas IAIN Palu, Ketua Panitia penyelenggara AICIS 2018, Dr H Abidin Djafar mengaku hingga saat ini dari segi administrasi dan sarana prasarana termasuk akomodasi transportasi, serta tenda-tenda dalam seminar, persiapannya sudah mencapai 85 persen.  

“Bahkan saat ini panitia terus melakukan sosialisasi dengan memasang baliho besar di sepanjang jalan utama,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu ini.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN