Bacaleg Honorer Tak Wajib MENGUNDURKAN DIRI


Reporter: Firmansyah

BAKAL CALON Anggota legislatif (Bacaleg) yang masih mengabdi sebagai tenaga honorer dan pendamping desa tidak diwajibkan mengundurkan diri, ketika mengikuti Pileg 2019 mendatang. Demikian penegasan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu, Agusalim Wahid di ruanganya, Rabu (29/8/2018).

Menurut Agus, hal itu berdasarkan PKPU, yang intinya menjelaskan bahwa, aparatur sipil negara (ASN) TNI dan Polri aktif, wajib mengundurkan diri dari pekerjaanya. ‘’Hal ini terkait dengan tanggapan dari masyarakat untuk DCS Bacaleg. Namun dari hasil tersebut, tidak ada masyarakat yang memberikan respon tentang mereka, utamanya berhubungan dengan Bacaleg yang pernah tersandung kasus korupsi, narkoba maupun tindak pidana pelecehan seksual, " ungkapnya.

Untuk Palu sendiri, kata Agus, tercatat beberapa orang Bacaleg yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) di daftar calon sementara (DCS). Namun mereka telah melengkapi semua berkas. Tinggal menunggu penyerahan SK surat pengunduran resmi sebagai ASN. Dirinya berharap agar penyerahan SK tersebut ke KPU sebelum batas akhir penyetoran yaitu tanggal 19 September 2018 mendatang. Atau sehari sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

‘’Jika Bacaleg yang masih berstatus ASN, hingga waktu batas penetapan akhir penyerahan SK pengunduran dirinya, maka nama mereka akan dicoret dari DCT Pileg, " pungkasnya. Selanjutnya, hingga akhir masa batas tanggapan dari masyarakat, terkait penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) bacaleg oleh KPU beberapa waktu lalu, Agus menambahkan waktunya telah berakhir. Namun KPU masih tetap melakukan komunikasi dengan masyarakat maupun lembaga swadaya  masyarakat (LSM). " Untuk ke depannya, komisi pemilihan umum masih menerima saran dari masyarakat, nanti prosedur mekanismenya,  disesuakan dengan aturan yang berlaku, " paparnya.

Agus juga mengimbau kepada semua Bacaleg yang masih terikat dinas, agar segera menyerahkan berkas pengunduran mereka sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sehari sebelum penetapan DCT tanggal 20 September mendatang.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN