Bahas DAK/DAU Dikementerian Rapat Banggar Ditunda




Reporter: Firmansyah

RAPAT Badan anggaran (Banggar) bersama OPD pemkot, Senin (6/8/2018) dengan agenda pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2019, rencana kerja anggaran (RKA), serta RKA perubahan tahun 2018, kembali ditunda hingga Jumat (10/8/2018). Pasalnya, penundaan itu disebabkan anggota TAPD keseluruhanya berada dikementerian keuangan  serta Kemendagri terkait pembahasan dana alokasi khusus (DAK) serta dana alokasi umum (DAU).

Menyikapi hal tersebut, pimpinan Banggar, Ishak Cae memberikan ruang bagi anggotanya untuk memberikan solusi dalam penentuan jadwal sidang selanjutnya. Anggota Komisi C, Armin menyarankan agar rapat dipending hingga Kamis. ‘’Pembahasan APBD dan ketambahan DAK sebaiknya ditunda Kamis, menimbang OPD tiba di Palu Rabu, jadi masih punya waktu untuk melengkapi bahan yang akan dibahas,’’ terang Armin.

Hal senada juga diutarakan legislator lainya, Rusman Ramli. Menurutnya sebaiknya rapat pembahasan ditunda hingga Kamis. Alasannya, menunggu hasil DAK. Sehingga Banggar juga mengetahui berapa besar alokasi dana yang akan diberikan. Selain itu juga di OPD mana saja pengalokasianya. Sofyan R Aswin menegaskan agar OPD memberikan jaminan kepastian terkait rampungnya dokumen yang akan dibahas di hari yang telah ditentukan. ‘’Hal ini harus kita bahas, karena sebelumnya hal itu merupakan salah satu faktor penyebab tertundanya rapat, " tandasnya.

Sementara itu, Asisten II Sekdakot, Imran Lataha mengungkapkan  tidak hadirnya OPD terkait dalam rapat disebabkan adanya undangan mendadak dari kementerian keuangan kepada Bappeda, BKD, keuangan, Dukcapil terkait pembahasan dana alokasi umum (DAU) tahun anggaran 2019. Sehingga  mereka absen mengikuti rapat. 

Terkait dengan kesiapan dokumen yang akan dibahas di Banggar, Imran mengatakan sesuai informasi yang diterima dari Bappeda, hari Rabu akan disampaikan ke anggota Banggar.

‘’Kalau pun masih ada kekurangan, nanti akan ada penyesuainya, " akunya. Menimbang dan menyikapi beberapa hal. Keputusan sidang lanjutan pembahasan APBD tahun anggaran 2019, antara pemkot dan dekot disepakati di hari Jumat.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN