Banggai Apreasiasi Siswa Jepang Mitsubishi


Reporter/Luwuk: Imam Muslik 

SUASANA Penuh kekeluargaan antara pemerintah Kabupaten Banggai dengan para siswa-siswi negara Jepang Mitsubishi yang diprakarsai perusahaan Donggi Senoro LNG (8/8/2018) di hotel Swiss Bell In Balero. Tampak hadir Bupati Herwin Yatim, Wakil Bupati Mustar Labalo, sekretaris kabupaten, Presiden Direktur DS LNG Mr. Tomomasa Nishimura, unsur Forkopimda, dan seluruh siswa - siswa yang mewakili Luwuk Kabupaten Banggai.

Presiden Direktur DSLNG berterima kasih pada Pemda Banggai yang menyambut serta menjamu semua peserta dari Jepang. Siswa siswi Jepang yang dikirim berjumlah enam orang itu adalah siswa yang berprestasi. Keenamnya diberikan kesempatan meninjau pabrik di DS LNG mulai dari proses produksi hingg ke barang yang siap dikirim. Selain itu belajar mengenal kebudayaan. Salah satunya mengenal tenun batik Nombo yang ada di Banggai.

Sedangkan Bupati Herwin memaparkan dan mengenalkan semua potensi Banggai. Mulai dari pertanian, pariwisata dan industri - industri yang ada. Di samping itu juga menghadirkan pelajar pelajar asal Banggai dan guru guru agar nantinya bisa bertukar informasi tentang daerah masing masing.

Kabupaten Banggai adalah salah satu dari 12 kabupaten yang ada di propinsi Sulawesi Tengah dan terletak paling sebelah Timur, dimana punya populasi jumlah penduduk 365 ribu dan luas wilayah 9.672 KM2, panjang garis pantainya 613 KM. Sangat panjang di banding dengan Negara Jepang justru Banggai lebih panjang. Kota Luwuk bisa di tempuh melalui penerbangan yang saat ini ada tiga maskapai.

Kemudian dari beberapa potensi Kabupaten Banggai terdiri dari potensi pertanian yaitu  jenis kelapa andalan Babasal yang tumbuh dan menjadi andalan Banggai.

Bupati juga mengenalkan Teluk Lalong yang ada di Luwuk. Lalong merupakan teluk yang unik, dan sudah di kenal masyarakat baik yang ada di Banggai maupun di luar Banggai.  Produksi gas Alam Cair dan Pabrik Amoniak. Pabrik Amoniak sudah pernah melakukan ekport perdananya. Kemudian untuk pariwisata sendiri bupati memperkenalkan Pulo Dua yang ada di Kecamatan Balantak yang juga menjadi andalan dan  padang sauna ( bukit Teletabis ) dll.**




Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN