Berjuang di Dapil ‘Surga’ Bertarung di Dapil ‘Neraka’



Reportase: Ikhsan Madjido

SEJAK 12 Agustus 2018 lalu, komisi pemilihan umum (KPU) Sulawesi Tengah telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Sulteng. Dari ratusan nama itu, ada beberapa temuan menarik. Seluruh incumben dari PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat PAN, PPP dan Hanura memutuskan kembali maju sebagai Caleg di Dapil  Sulteng 4, yang meliputi Banggai, Bangkep dan Balut.

Di Dapil  yang dikenal dengan Dapil  “surga” ini, lawan para incumben relatif bukan tokoh ‘kelas berat’. Nama-nama yang sedikit dikenal di Dapil  ini seperti H Oskar Rasjid Paudi, yang akan bertarung dengan incumben Ronald Gula. Keduanya dari PAN nomor urut 1 dan 2.

Persaingan ketat diprediksi terjadi di daerah pemilihan (Dapil ) 5 dan 6. Di Dapil  ini seperti Dapil  “neraka”. Sebab, banyak nama populer yang akan berebut suara. Dari NasDem, seperti Tahmidy Lasahido, Sony Tandra, Erik Tamalagi, akan bertarung dengan Yus Mangun, peraih suara tertinggi se Sulteng dengan jumlah 23.186 suara pada Pemilu 2014. Lawan tangguh lainnya di Dapil  5 yang memperebutkan 10 kursi ini, ada Bayu A Montang, Suprapto Dg Situru, Zainal Abidin Ishak, Aminullah dan Akram Kamaruddin.

Selanjutnya, jika menyusuri daftar lebih teliti, kita memergoki sejumlah nama yang gagal di Pemilukada 2018 bakal kembali bertarung dalam pemilihan legislatif (pileg) 2019. Di Dapil 5, bertengger nama H Ambo Dalle dan Sunardin Firdaus yang diusung Partai Gerindra dan Partai Hanura. H Ambo Dalle bercokol di nomor urut 10 dan Sunardin Firdaus nomor urut 8.

Di Pilkada Morowali 2018, H Ambo Dalle diusung Gerindra, PDIP dan PBB sebagai Cabup. Sementara Sunardin menjadi Cawabup maju dari jalur independen. Mantan kandidat lain yang maju dalam Pileg 2019 adalah Erwin Burase sebagai bacaleg Golkar, Amrullah Kasim dari Partai Hanura. Keduanya berada di nomor urut 1 dan akan bertarung di Dapil  Sulteng 2.

Di Dapil  6 ada Abdul Rahman. Mantan pasangan cabub Anita ini maju sebagai caleg Hanura nomor urut 1. Pertarungan segera dimulai. Rakyat akan menjadi juri. Semoga pilihan mereka tepat adanya.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN