Bupati Panen Jagung Hibrid di Pelawa



Sumber: Humas Parmout
  
BUPATI Parigi Moutong panen perdana jagung tongkol hibrid isi dua di lokasi panen Jalan Timbaluka Desa Pelawa Baru ( 7/8/2018). Kepala Desa Pelawa Baru Mahmud S. Lamalanto melaporkan bahwa Desa Pelawa Baru adalah hasil pemekaran dari Desa Pelawa Induk sejak 2007. Luas Pelawa baru kurang lebih 3 KM persegi, secara geografis memiliki teritori wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Desa Pangi dan Desa Sakinah Jaya Kecamatan Parigi Utara. Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Teluk Tomini. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pelawa dan Desa Binangga dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Binangga dan Desa Matolele.

Mahmud S. Lamalanto menambahkan bahwa Desa Pelawa Baru memiliki jumlah penduduk sebanyak 1908 jiwa atau sebanyak 499 kepala keluarga (KK). Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani ladang dan nelayan. Menurutnya sesuai program inovasi Desa Pelawa Baru dalam hal menyokong ekonomi kerakyatan di desa salah satunya di bidang ketahanan pangan khususnya program yang telah dianggarkan melalui Dana Desa.

Pelaksanaan budidaya tanaman pangan jagung tongkol hibrid bisi dua yang akan dipanen sebanyak 5 Ha di lokasi saat ini dari 10 Ha yang akan dipanen secara terpisah di wilayah kami.

Sementara itu, sambutan Bupati dibacakan Camat Parigi Tengah, Ridwan Yoto Lembah mengatakan bahwa Parmout sektor unggulannya adalah sebagai penggerak ekonomi kerakyatan di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

ini menandakan Kabupaten Parmout kaya akan sumber daya alam baik di laut maupun di daratannya. Olehnya, melalui kesempatan ini mari kita bergerak lebih maju kedepan untuk meningkatkan produktifitas pertanian  kita agar pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa lebih baik.

Bupati menambahkan bahwa masalah terbesar di sektor pertanian dan ketahanan pangan khususnya, tanaman pangan jagung bisi 2 yaitu adalah pemasaran harga hasil panen. Menurutnya saat ini biasanya hasil panen dipermainkan para tengkulak yang tidak bertanggung jawab.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN