Dapil ‘Neraka’ Donggala-Sigi, Pertarungan & Gengsi Partai



Reportase: Ikhsan Madjido

KABUPATEN Donggala dan Sigi menjadi salah satu daerah pemilihan (Dapil) paling panas di Pemilu 2019 nanti. Sebanyak delapan kursi disediakan di Dapil  Sulteng 6 itu. kursi ‘panas’ diperebutkan caleg-caleg yang merupakan tokoh-tokoh tenar.

Para caleg yang maju sebagian adalah incumben. Namun ada pula caleg wajah baru (new entry). Pada Pemilu 2014, 8 kursi yang ada direbut oleh Partai NasDem, PKB, PDI-P, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN dan Hanura, yang masing-masing mengirim 1 calegnya ke provinsi.

Partai tersebut mengirim caleg antara lain Muh Masykur, Nahrudin, Muharram Nurdin, Aminudin Ponulele, Arena Parampasi, Marlelah, Rusli Dg Palabi dan Sitti Halima Ladoali.

Di pemilu 2019 para caleg incumbent tersebut, minus Aminuddin Ponulele, semuanya maju kembali. Para penantangnya diantaranya mantan Sekab Sigi Husen Habibu, dan mantan calon wakil bupati Sigi, Enos Pasaua, yang maju dari Partai Perindo nomor urut 4 dan 5. Terdapat juga mantan Wakil Bupati Sigi, Livingstone Sango, maju dari partai Demokrat nomor urut 3.

Ada juga anggota DPRD Sigi yang mencoba ‘naik kelas’ ke tingkat provinsi dan mengharapkan suara yang ditinggalkan Aminudin Ponulele, Budi Luhur Larengi yang maju dari Partai Golkar nomor urut 1, bertarung dengan Ridwan Yalidjama di nomor urut 2. Tidak ketinggalan Namrud Mado, anggota legislatif Donggala yang maju lewat PPP juga nomor 1.

Mantan calon wakil bupati Donggala, Abdul Rahman, lewat Partai Hanura dengan nomor urut 1, yang mengharapkan suara pantai barat Donggala juga maju bertarung dengan 120 caleg lainnya.

“Ini merupakan pertarungan yang berat dan menarik, sehingga harus bisa meraih suara terbanyak,” kata salah seorang pengamat pemilu.

Di Dapil  yang menurut pengamat sebagai Dapil  neraka ini, incumbent tidak hanya bertarung dengan caleg dari partai rival, tapi sesama mereka sendiri harus berjuang meraih suara sebanyak-banyaknya.

Sebut saja PDIP yang masih mengandalkan Ketua DPD Muharram Nurdin, yang didapuk nomor urut 1. Nomor urut 2 diisi aktivis perempuan, Soraya Sultan, sedangkan di nomor 3 ada nama Mulyadi.

Partai NasDem menempatkan Ketua DPC Kabupaten Sigi, Muh Masykur di nomor urut 1. Nomor urut 2 ada mantan Walikota Palu dan Wakil Gubernur Sulteng, Ruli Lamadjido, sedangkan Nilam Sari Lawira, istri bendahara DPP NasDem berada di nomor urut 5.

PKB menempatkan incumbent Nahrudin di nomor urut 2, dan menawarkan pendatang baru, Abdullah Latopada, mantan Kakanwil Kemenag Sulteng yang juga Ketua NU Sulteng, yang berada di nomor urut 4.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulteng mulai 12-14 Agustus 2018 telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) legislatif DPRD Sulteng Pemilu 2019.

Saat diumumkan, tidak semata memberi tahu masyarakat siapa saja DCS Bacaleg. Namun, pihak KPU juga membuka pintu lebar-lebar untuk menanggapi DCS yang ada.

Jumlah DCS anggota DPRD Sulteng sebanyak 622 bacaleg. Dapil  Sulteng 1 terdapat 90 bacaleg, Dapil  2 ada 98, Dapil  3 sebanyak 80, Dapil  4 Sulteng 103, Dapil  5 sejumlah 130 dan Dapil  6 terdapat 121 bacaleg.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN