DCS Caleg DPRD Sulteng, KPU Minta Masyarakat Pantau Bacaleg


 
Reporter: Ikhsan Madjido

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Provinsi Sulteng. Hal tersebut disampaikan komisioner KPU, Sahran Raden, Sabtu (11/8/2018). "Iya, kami umumkan DCS mulai 12 sampai 14 Agustus mendatang," katanya. Penetapan DCS tersebut kata dia, setelah dilakukan proses verifikasi berkas bacaleg oleh KPU.

"Kami juga sudah sampaikan kepada 16 parpol calon peserta pemilu di Sulteng terkait pengumuman DCS ini," ujarnya. Saat diumumkan, tidak semata memberi tahu masyarakat siapa saja DCS Bacaleg. Namun, pihak KPU juga membuka pintu lebar-lebar untuk menanggapi DCS yang ada.

“Siapa tau, ternyata ia ASN atau pihak yang secara aturan harus mengundurkan diri dari jabatan saat mencaleg. Tau-tau dia tidak mundur. Tanggapan ini sangat kami nantikan dan berakhir pada 21 Agustus nanti,” katanya. Bagi Bacaleg yang ternyata ada seperti ini, jujur-jujur sajalah. Undurkan diri dari jabatan, kalau tidak, jika ketahuan, fatal akibatnya. Waktu untuk menyerahkan surat telah undur diri pun masih bisa diterima KPU.

“Paling lambat 20 September mendatang. Inilah gunanya tanggapan masyarakat. Dari sana kita juga bakal mengetahui, mana Bacaleg yang berstatus khusus. Seperti ASN aktif yang wajib mundur, pejabat pemerintahan, atau guru PNS dan kontrak di sekolah negeri,” tutup Sahran. Sekedar diketahui, jumlah DCS anggota DPRD Sulteng sebanyak 622 bacaleg.

Dapil Sulteng 1 terdapat 90 bacaleg, dapil 2 ada 98, dapil 3 sebanyak 80, dapil 4 Sulteng 103, dapil 5 sejumlah 130 dan dapil 6 terdapat 121 Bacaleg.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN