DCS Diumumkan Pertengahan Agustus


 
Reporter: Firmansyah

PENETAPAN daftar nama calon sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 15 partai politik ditetapkan pertengahan Agustus 2018. Demikian penegasan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu, Agusalim Wahid di ruangannya, Rabu (1/8/2018).

Sebelumnya 15 parpol tersebut telah menyerahkan berkas persyaratan Bacaleg, yang batas akhir penyerahanya tanggal 31 Juli 2018 pukul 24.00 Wita. ‘’Alhamdulilah semua partai politik yang akan mengikuti Pileg 2019 mendatang, ada 15 partai, semuanya telah menyerahkan berkas persyaratan daftar nama-nama caleg mereka, tidak melewati batas waktu yang telah ditetapkan. Partai yang paling akhir menyerahkan berkasnya adalah PSI, namun tetap sesuai jadwal penetapan, tidak melewati pukul dua belas malam,’’ ungkap Agus.

Verifikasi berkas Bacaleg menurut Agus, akan dilakukan mulai tanggal 1 hingga 7 agustus 2018. Meliputi perbaikan semua kelengkapan berkas  parpol.  Dalam hal ini, dia juga menjelaskan tidak akan menutup kemungkinan akan ada dokumen yang akan dikembalikan bila bermasalah. Karena tenggang waktu yang diberikan mulai tanggal 22 - 31 Juli 2018 tahap melengkapi berkas.

‘’Sejauh ini Bacaleg kelima belas partai tersebut tidak ada yang terlibat maupun tersangka tindak pidana, seperti korupsi, pelecehan seksual dan narkoba, " tuturnya. Selanjutnya Agus juga menambahkan prosedur verifikasi berkas, seperti pemeriksaan keabsahan dari dokumen tersebut, terkait adanya pergantian Bacaleg di daftar nama-nama dalam lima belas partai politik, akan terus dilakukan. 

Namun dalam hal ini, KPU sendiri tidak akan mempersulit proses itu. Karena mereka berpedoman kepada standar operasi yang telah ditentukan, serta melakukan komunikasi dengan parpol, dalam hal ini dengan petugas penghubung (Lo) berkaitan dengan verifikasi kelengkapan berkas yang perlu untuk dibenahi. Ke 15 partai politik yang telah menyerahkan dokumen ke KPU tanggal 31 Juli 2018 lalu adalah, Gerindra, Golkar, Nasdem, Hanura, Demokrat, PAN, PKS, PPP, PKB, PBB, PDIP, Perindo, Berkarya, Garuda dan PSI.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN