DPT Poso 143.336 Orang


Foto : 3 Komisioner KPU Kabupaten Poso, Taufik Hidayat, Budiman Maliki dan Wilianita Selviana
reporter/poso: ishaq hakim

DAFTAR PEMILIH Tetap atau DPT di Kabupaten Poso sebesar 143.336 orang. Dengan rincian; 72.836 orang pemilih laki laki dan 70.500 orang perempuan. Kesemuanya tersebar di 766 TPS, 170 kelurahan/desa di 19 kecamatan di Kabupaten Poso. Hal itu terungkap di pleno komisi pemilihan umun (KPU) Poso. Pleno itu terkait rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) 2019 (28/8/2018) lalu.

Pleno dibuka Ketua KPU Budiman Maliki didampingi dua anggota komisioner Muhamad Taufik dan Wilianita Silviana dan dihadiri seluruh komisioner Bawaslu, panwas kecamatan, Kesbangpol Pemda beserta perwakilan partai politik dan peserta pemilu 2019.

Budiman mengatakan, bahwa penetapan DPT kali ini merupakan rangkaian kegiatan pemutakhiran data pemilih hasil perbaikan DPSHP yang mana merupakan hasil rekap di tingkat kelurahan dan kecamatan dari hasil rekomendasi Bawaslu. Diterangkannya, bahwa ketertundaan penetapan DPT pekan lalu disebabkan karena adanya rekomendasi Bawaslu dan perwakilan parpol meminta agar KPUD Poso merespon semua masukan yang diajukan sebelum dilakukan penetapan DPT, termasuk hambatan saat dalam pengimputan data melalui si dalih portal.

”Sebelum memasuki tahapan penetapan DPT ini, secara berjenjang proses tahapannya telah dilakukan oleh KPU bersama mitra kerjanya, mulai dari tingkat PPS Kelurahan/Desa dan PPK di setiap Kecamatan. Hanya saja, karena masih ada saran dan rekomendasi dari pihak Bawaslu dan perwakilan Parpol, sehingga tahapan penetapan DPT Pemilu 2019 Kabupaten Poso, baru  terselesaikan hari ini,” jelas Budiman.

Ia juga mengapresiasi Disdukcapil, Bawaslu beserta tim lainnya yang telah bekerja keras hingga proses penetapan DPT dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pada akhir acara tersebut, dilakukannya penandatanganan berita acara rapat pleno. Dilanjutkan penyerahan berita acara kepada Bawaslu disaksikan Kesbangpol, serta partai politik peserta pemilu 2019.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN