Festival Seni Sakral Hindu Dimulakan


.

Sumber: Humas Pemprov

UMAT HINDU Melaksanakan Festival Seni Sakral Keagamaan Hindu yang diikuti kurang lebih 80 orang peserta yang berasal dari 13 kabupaten/kota se Sulawesi Tengah. Adapun yang menjadi tema melalui Festival Seni Lawak Keagamaan (bondres) sebagai pelestarian seni dan budaya Hindu menuju umat yang harmoni. Kegiatan ini dilaksanakan Kanwil Kementerian Agama bekerjasama dengan Biro Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah provinsi Sulteng di Hotel Sutan Raja (23/8/2018).

Gubernur diwakili Sekdaprov Mohammad Hidayat mengungkapkan pentingnya menjalankan kehidupan yang berlandaskan keagamaan dalam berkehidupan sosial. ‘’Pagelaran seni sakral lawak keagamaan ini kiranya bermakna konstruktif guna mentranspormasikan berbagai nilai positif seperti nilai sosial dan nilai nilai keagamaan untuk kehidupan bermasyarakat," tuturnya.

Kesadaran untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah, khususnya melalui lawakan - lawakan yang didalamnya mengandung nilai - nilai keagamaan secara tidak langsung akan berimbas positif ke para pendengar atau para penikmat seni, lanjutnya. Sekda prov juga berharap kegiatan seperti ini dapat dijaga kesinambungannya, ‘’Kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara kontinu supaya mampu melestarikan kebudayaan yang merupakan warisan dari para leluhur serta dapat memperkaya khasanah kebudayaan yang ada di indonesia khususnya Provinsi Sulawesi Tengah," pesannya.

Diakhir sambutan Sekdaprov mengucapkan," selamat berlomba kepada seluruh peserta dan tetap menjunjung tinggi sportivitas sehingga sehingga seniman - seniman jebolan dari kegiatan ini betul - betul berkualitas," tutupnya.

Kepala Bidang Pembimbing Masyarakat Hindu Kanwil Kementerian Agama Sulteng, Anak Agung Ananta Putra tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kreativitas. Dengan seni dapat membangun harmoni di era milinial sehingga terpupuk integritas dan inovasi untuk menjaga kerukunan umat beragama," katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 23 - 26 Agustus 2018. Nampak hadir Kasubag Keagamaan Biro Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Provinsi Sulteng, pegawai Kanwil Kementerian Agama Sulteng serta para tokoh agama Hindu. Adapun yang menjadi dewan juri Nyoman Slamet, Cokorda Semara dan Wayan Mandiarta.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN