Forum Investasi Sulteng

Jembatan Investor dengan Sulteng
Sumber/editor: Humas Pemprov/andono wibisono



FORUM Investasi Pemprov Sulteng digelar kemarin (20/08/2018) di Palu. Tujuannya sebagai jembatan bagi investor, pemerintah pusat, Pemprov Sulteng dan pemerintah kabupaten/kota se Sulteng. Demikian sambutan Gubernur Longki Djanggola ketika membuka kegiatan tersebut. Hadir seluruh pimpinan kabupaten/kota se Sulteng, investor, Forkompinda, pimpinan OPD dan pihak swasta lainnya.

Menurut gubernur, forum investasi guna meningkatkan realisasi investasi baik di dalam maupun di luar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, dengan mengekspos berbagai hal. Potensi investasi serta mengatasi debottlenecking yang ada dalam melakukan investasi di Sulteng.

‘’Kita semua berharap dalam rangkaian kegiatan ini nantinya akan mampu menghasilkan proses pelaksanaan investasi yang lebih baik, lebih efektif, lebih efisien, sehingga menghadirkan kenyamanan bagi para investor yang ada di Sulawesi Tengah dalam berinvestasi.’’ Ujar gubenur. Gubernur juga menggait investor untuk bersama-sama dapat menemukan solusi dalam pelaksanaan investasi dari pihak yang berkompeten.

Tahun 2017, realisasi investasi yang telah dicapai Sulteng melebihi dari target yang diberikan BKPM RI, yaitu sebesar Rp21 triliun, dan realisasinya mencapai Rp22,5 triliun. Berdasarkan capaian realisasi tersebut, Pemprov Sulteng kembali menjadi daerah terbaik di wilayah Sulawesi dan urutan ketiga di Kawasan Timur Indonesia dan ke 11 di Indonesia. Capaian realisasi investasi tahun 2017 memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulteng. Pertumbuhan ekonomi menurut data BPS mencapai 7,14% dan menempati urutan ketiga se Indonesia.


.
Sulteng, saat ini merupakan salah satu daerah yang merupakan salah satu wilayah utama investasi di Indonesia. Karena yang paling banyak diminati investor. ‘’Ini kita jaga bersama untuk selalu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi investor untuk menanamkan investasinya di Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk itu kami atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan seluruh masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada semua penanaman modal baik penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal luar negeri yang telah menanamkan investasinya di Provinsi Sulawesi Tengah dan menjadikan Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai salah satu provinsi yang merupakan salah satu tujuan investasi,’’ terang gubernur.

Di Sulteng, terdapat dua kawasan industri yaitu Kawasan Industri Palu yang terintegrasi dengan KEK dengan luasan 1500 ha dan kawasan Industri Morowali dengan luasan 2000 ha. Untuk kedua kawasan tersebut termasuk dalam program strategis nasional. ‘’Apabila saudara melakukan investasi pada dua kawasan tersebut banyak fasilitas serta kemudahan yang dapat diperoleh apabila berinvestasi di dalam kawasan tersebut.’’ Terang gubernur Longki.


.
Untuk KEK Palu, saat ini dikelola oleh BUMD Pt Bangun Palu Sulteng merupakan kawasan industri manufaktur, agro, pertambangan dan logistik. Beberapa keunggulan KEK, yaitu berdampingan dengan Pelabuhan Pantoloan yang terletak di Teluk Palu yang dalam dan lebar kolam 9,3 Km dan kedalaman lebih dari 200 m serta berpotensi mampu disinggahi very large container vessel (vlcc) (> 200.000 dwt di atas 14.000 teus), juga lokasi sangat strategis untuk jalur perdagangan Nasional dan internasional antara lain menghubungkan kota-kota di Kalimantan, Sulawesi, Maluku Papua, Malaysia Dan Filipina.

Lokasi KEK palu terintegrasi dengan konsep pengembangan jaringan jalan nasional Palu Parigi yang akan menghubungkan perairan Selat Makassar dan perairan Teluk Tomini, sehingga akses ini dapat membuka jalur lalu lintas barang dan jasa dari Wilayah Tengah dan Wilayah Timur Indonesia, (sebagai integral dengan konsep tol laut).


.
Sementara itu untuk Kawasan Industri Morowali yang merupakan kawasan industri pertambangan khususnya nikel saat ini dikelola oleh badan pengelola PT IMIP dan sudah terdapat 13 tenan. 13 tenan tersebut 4 pabrik ferro nikel yang sudah beroperasi. Kawasan indutri ini juga memiliki fasilitas pendukung yaitu pelabuhan yang terkoneksi dengan seluruh pabrik dan bandara serta wisma dikawasan industri tersebut.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN