HARI INI KEPUTUSAN FINAL PKPI


reporter: firmansyah

SETELAH Menempuh beberapa kali mediasi, terkait pengembalian berkas persyaratan Bacaleg Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) oleh KPU, direncanakan hari ini, Senin (6/8/2018) pembacaan keputusan Panwaslu Palu. Keputusan itu merupakan penentuan akhir secara mengikat terhadap keikutsertaan partai tersebut di Pileg 2019 mendatang. Demikian Ketua KPU Palu, Agusalim Wahid kepada Kaili Post di ruanganya pekan lalu.

Sebelumnya, KPU Palu mengembalikan berkas PKPI karena tidak memenuhi syarat verivikasi, meliputi formulir  model B tentang surat pernyataan bakal calon legislatif. Daftar bacaleg setiap daerah pemilihan menggunakan formulir B1. Surat pernyataan seleksi secara demokratis memakai formulir B2. Pakta integritas pernyataan bacaleg  yangbtermuat dalam B3. 

Objek sengketa tersebut menurut Agus, terkait penolakan KPU terhadap berita acara dari PKPI. Mereka juga tidak memiliki alas dasar yang kuat untuk membantah keputusan KPU. ‘’KPU tetap menolak berkas tersebut, disebabkan tidak memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan, " ungkapnya.

Setelah itu, dilakukan mediasi antara PKPI, KPU dan Panwaslu. Olehnya mereka mengambil jalur sidang ajudikasi di Panwaslu. Namun KPU tetap bersikukuh untuk tetap menolak berkas tersebut. Beberapa kutipan surat kesimpulan termohon, dalam hal ini KPU Palu, terhadap penyelesaian sengketa proses pemilu kepada Panwaslu, nomor 70/HK.07.SD/7271/KPU. Kota/VIII/2018. Bahwa benar KPU mengembalikan dokumen persyaratan pengajuan balon yang diajukan oleh PKPI, tidak melampirkan persyaratan tersebut, mengacu pasal 6 ayat 1 PKPU Nomor 20 tahun 2018, yaitu model B, B1, B2 dan B3.

Tidak dilampirkanya dokumen persyaratan pengajuan bakal calon oleh Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia tersebut, sebelum masa berakhirnya, olehnya permohonan pemohon tidak dapat dipenuhi, dalam menjamin kepastian hukum penyelenggara  pemilu, serta penegakan prinsip keadilan terhadap semua peserta pemilu. Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa majelis hakim sidang tidak mengabulkan permohonan pemohon, karena tidak berrdasar.

‘’Dalam persidangan, hal ini sudah diluar yuridiksi dari KPU. Semuanya merupakan keputusan dari Panwaslu. Keputusan finalnya nanti mengikat secara hukum. Apapun keputusanya dari Panwaslu, KPU siap menindak lanjuti hal tersebut,’’ tutup Agus.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN