Hidayat Dorong Patriot Kaili Jadi Pahlawan Nasional

 

sumber: Humas Pemkot


WALI KOTA Hidayat berharap agar instansi terkait melakukan pengkajian, identifikasi dan menginventarisir patriot atau pejuang tanah Kaili yang melawan penjajah, untuk diusulkan menjadi pahlawan nasional. Hal itu diungkapkanya Hidayat saat pembacaan doa tahlil Lasatande Dunia di Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan pekan lalu.


Menurut Wali Kota, hingga saat ini belum ada satupun tokoh pejuang dari tanah Kaili yang ditetapkan negara sebagai pahlawan nasional. Diketahui bersama, Provinsi Sulteng pernah menjadi jajahan kolonial Belanda maupun Jepang. Begitu pula dengan Palu. Di era tersebut, ada banyak tokoh pejuang yang melakukan penolakan hingga perlawanan terhadap para penjajah. Salah satunya, Lasatande Dunia.


Riwayat dari Lasatande Dunia beber Hidayat, merupakan salah satu tokoh yang dengan gigih menolak kehadiran penjajah. Hingga akhirnya dia pernah diasingkan ke tanah Jawa oleh Belanda. Lasatande Dunia juga merupakan kakek dari pejuang tanah Kaili lainya, yaitu Songgo Langi. ‘’Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan kita kepada mereka yang dengan gigih dalam melawan para penjajah hingga tetes darah penghabisan,’’ akunya.


Selain itu, Pemkot rencananya juga akan melakukan perbaikan beberapa makam para pejuang tanah Kaili lainya. Seperti Pue Njidi, Mantikulore (Rantolangi), Siralangi, Raja Langi, Songgo Langi. Kegiatan itu, papar Hidayat sebagai wadah silaturahim masyarakat Kota Palu. Karena hal itu masih merupakan rangkaian dari perayaan hari besar umat Islam, seperti Idul Adha maupun hari besar lainya.


Acara tersebut juga dihadiri Sekda Kota, Asri, SH, pimpinan OPD, Ketua DPRD, Ishak Cae, Ketua FKPK, Suhupi, Camat Palu Selatan, lurah se Kecamatan Palu Selatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemangku adat, tokoh wanita, tokoh pemuda, dan keluarga besar  Lasatande Dunia yang berasal dari  Tatanga, Tatura, Pombeve, Kawatuna, Lasoani hingga Toboli Kabupaten Parimo.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN