Hidayat: Pembangunan Kampung Kaili Tetap Dilanjutkan


Reporter: Firmansyah
MENJAWAB Polemik terkait pembangunan Kampung Kaili di lokasi anjungan Nusantara yang pengerjaan belum terealisasi, Wali Kota Hidayat mengaku bahwa kelambatannya disebabkan karena lahan dari Pemkot itu masih dalam penggarapan pemerintah pusat, melalui satuan unit kerjanya. Sehingga pembangunanya terhambat, karena menunggu penyerahan resminya baru bisa dilaksanakan.

Namun, kata Hidayat, di tahun ini pula akan dilakukan rehabilitasi terhadap bangunan yang ada di lokasi itu. ‘’Untuk target pengerjaanya, kami belum bisa berasumsi. Namun hal itu akan dirampungkan secepatnya, " akunya. Kampung Kaili sendiri menurut Wali Kota, adalah sebuah tempat yang di dalamnya merupakan perwujudan dari budaya tanah Kaili. Fungsi dan tujuannya, seperti pembangunan soki-soki atau lesehan, untuk menyuguhkan berbagai jenis makanan tradisional khas masyarakat Palu. Mulai dari uve mpoi, kaledo, uta dada, palumara, uta kelo dan berbagai jenis masakan lainya.

Di bagian Utara, lanjut Hidayat merupakan ruang edukasi. Di dalamnya disediakan alat-alat musik tradisional, seperti lalove, gimba, kakula. Selain itu juga tersedia tempat bagi masyarakat untuk melakukan permainan khas rakyat, seperti engrang, gasing. Rencananya, di tempat tersebut juga kata Hidayat, akan dibangun ruang edukasi tentang bahaya narkoba, dan korupsi.

Dengan adanya kampung Kaili tersebut, Hidayat berharap agar masyarakat bisa memanfaatkanya dengan baik. Utamanya bagi pelajar. " Saya berharap dengan adanya kampung kaili, pelajar bisa mengenal lagi budaya dari tanah Kaili, sehingga hal tersebut dapat dilestarikan ke generasi berikutnya. Tanpa mengalami pengikisan oleh pesatnya ilmu dan kecanggihan tehnologi saat ini, " ungkapnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN