Hidayat Resmi Komandan Menwa di Sulteng



Sumber : Humas Pemprov

GUBERNUR Sulteng Longki Djanggola melantik Mohammad Hidayat Lamakarate sebagai Komandan Komando Resimen Mahasiswa Pawana Sakti, sesuai dengan SK Gubernur No.421.73/362/Ro-Hukum/G-ST/2018, bertempat di Polibu kantor gubernur Kamis (30/08/2018).

Menwa diharapkan menjadi contoh mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Mengingat kehidupan masyarakat semakin berkembang dengan berbagai perubahan. Apalagi, memasuki tahun politik bagi bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi Pilpres dan Pileg, maka untuk menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sudah menjadi harga mati maka peran dari Menwa yang lahir dari perguruan tinggi sebagai perwujudan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) yang anggotanya para mahasiswa sudah seharusnya memiliki jiwa nasionalisme untuk terpanggil membela negeri.

Dan akan menjadi pemersatu antar pemuda, masyarakat, agama, budaya serta antar daerah Oleh karena itu resimen mahasiswa diharapkan terus aktif dalam pembinaan supaya mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap disiplin dan mempunyai fisik dan mental yang baik serta berwawasan kebangsaan yang nantinya mampu melaksanakan tugas tri dharma perguruan tinggi. 

Resimen mahasiswa juga diharapkan dapat membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dan program civitas akademika serta senantiasa menumbuhkan dan memperkuat kebersamaan dengan mahasiswa lainnya dalam mewujudkan kehidupan kampus yang selalu kondusif serta membantu pemerintah daerah untuk berpartisipasi secara aktif dan membangun pemuda yang sehat dan kreatif melalui upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat.

Sebelum mengakhiri sambutannya, gubernur menceritakan jika 42 tahun lalu dirinya juga pernah bergabung di Resimen Mahasiswa UI, berbagai suka duka terjadi di dalam kampus. Keberadaan Menwa saat itu betul-betul efektif untuk menetralisir berbagai macam keributan, tawuran antar fakultas, dan berbagai macam aksi demo, yang penting segalanya dijalankan sesuai dengan aturan dan koridor UU yang berlaku.

Sementara itu, Hidayat mengenang kembali saat pertama kali menggunakan atribut Menwa 30 tahun silam ketika mengikuti bela negara. Kala itu dirinya harus berjalan kaki selama tiga hari tiga malam dari Malino ke Kota Makassar. Pendidikan serupa juga dijalaninya ketika tercatat sebagai mahasiswa STPDN di Rindam Jaya.

Komandan Menwa yang lama dalam, Baharuddin T mengakui, perbedaan Menwa sebelum dan setelah reformasi sangat berbeda terkait SK tiga Menteri yakni, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertahanan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. H. Baharuddin HT juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terimah kasih atas dukungan gubernur selama kepemimpinannya di Menwa. Terakhir dirinya berharap semangat disiplin dan ikhlas dari seluruh anggota Menwa dan permohonan maaf apabila dalam kepemimpinannya terdapat kekeliruan dan khilaf.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN